Mohon tunggu...
albarian risto gunarto
albarian risto gunarto Mohon Tunggu... Freelancer - kunjungi blog saya : https://tulisankalengbapak2.blogspot.com/

bapak-bapak yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Baru Pertama Kali Mendaki? Cobalah ke Puthuk Siwur (1429 MDPL)

30 Agustus 2022   13:11 Diperbarui: 31 Agustus 2022   07:27 931 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puncak Puthuk Siwur dilihat dari kejauhan (dok. pri)

Menuju Puthuk Siwur

Puthuk Siwur yang artinya Bukit Gayung, terletak di sebelah Gunung Pundak. Di kawasan wisata Claket, Pacet, Mojokerto. Ketinggiannya 1429 Mdpl. Sudah menarik perhatian kami untuk mendaki disini sejak sepulang dari Gunung Pundak beberapa bulan yang lalu.

Walaupun satu kawasan ternyata beda pengelolanya. Jika Gunung Pundak dikelola oleh Tahura R. Soerjo, Puthuk Siwur dikelola Perhutani melalui LMDH setempat.

Minggu 29 Agustus 2022, yang merupakan hari libur terakhir di bulan kemerdekaan ini, ternyata menjadi hari puncak perayaan HUT Ke 77 Proklamasi Kemerdekaan RI. Masyarakat yang sudah 2 tahun terakhir ini tidak  merayakan kemerdekaan tidak mau kehilangan momen bulan spesial. -entah karena janjian atau baru sempat- di beberapa titik, ada acara akbar jalan sehat sekaligus karnaval.

Akibatnya sudah bisa ditebak, macet , perjalanan yang biasanya dari Kota Santri ke kawasan wisata Pacet Mojokerto antara 45 menit sampai 1 jam molor menjadi 2 jam. Matahari sudah tinggi ketika kami memarkir 2 mobil di pingir jalan didepan pos pendaftaran pendakian Puthuk Siwur.

didepan posko  (dok. ASPALA)
didepan posko  (dok. ASPALA)
Yang ada difoto: Kanan : Mbak Atik, Zidan (Anak SMA), Mbak Evva (Runner), Pak Rojikin; Tengah: Mas Huda, Kaji Andik (Runner), Mas Hadi, Camelia; Kiri: Mas Eko, Mas taufik, Mas Ilham, Attila(Anak SD) dan Saya. Tiga Belas orang yang mempunyai tujuan dan waktu luang yang sama untuk mencapai Puthuk Siwur 1429 Mdpl. Ada tambahan 6 orang lagi setelah pendakian terakhir di Gunung Bekel  31 Juli lalu.

Perjalanan Se-helaan Nafas

mulai mendaki dengan santai (dok.pri)
mulai mendaki dengan santai (dok.pri)

Cuaca cerah ketika kami selesai berdoa dan mulai melangkahkan kaki melewati gapura selamat datang. Dibawah rindangnya pepohonan masih menyusuri jalan setapak bersama-sama. Kemudian Tiga Anggota Tim yang memang sudah bersiap untuk Trail Run mulai melangkahkan kaki lebih cepat untuk berlari. Sepuluh orang tetap dengan irama jalan kaki.

Karena jalan yang relatif landai dan hutanpun mulai berganti dengan pohon-pohon pinus, tak terasa Selfie Area sudah ada didepan mata. Selfie area ini merupakan sekumpulan batu dengan satu yang paling besar dan tinggi. Posisinya yang ada dilereng, maka ketika berdiri di batu tersebut seolah-olah sedang berada dipuncak bukit.

tempat selfie, kalau foto pas pulangnya (dok.pri)
tempat selfie, kalau foto pas pulangnya (dok.pri)

Hanya berhenti untuk menghirup nafas panjang, kami kembali meneruskan perjalanan. Masih dengan vegetasi yang sama namun jalur sudah berubah dengan potongan pinus yang disusun menjadi tangga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan