Mohon tunggu...
Alanise Moriska
Alanise Moriska Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Hallo Everyone! Perkenalkan nama saya Alanise Moriska, merupakan mahasiswa S1 Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini saya merupakan mahasiswa aktif semester akhir dan mengambil program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hobi saya yaitu menonton film terkhusus action, dokumentary dan anime. Selain itu saya juga hobi berolahraga. Olahraga yang paling saya sukai yaitu berenang, bermain badminton dan joging.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Rekognisi UPI 2022: Menumbuhkan Karakter Siswa SD dalam Pembelajaran Daring Melalui Fitur Microsoft OneNote

17 November 2022   16:01 Diperbarui: 17 November 2022   16:03 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ARTIKEL KKN REKOGNISI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2022

Studi Independen Bersertifikat di PT MariBelajar Indonesia Cerdas

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan hak kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk memperoleh pembelajaran di luar kampus namun tetap memperoleh SKS (Satuan Kredit Semester).

Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Melalui pembelajaran yang ada, mahasiswa/i medapatkan pembelajaran dan memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakatnya dengan terjun langsung ke dunia kerja atau masyarakat sebagai persiapan karier di masa depan. Salah satu bentuk pembelajaran di luar kampus yang merupakan bagian dari program merdeka belajar kampus merdeka adalah program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan program yang diselenggarakan oleh kemenristekdikti yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengasah dan mendapatkan kemampuan, pengetahuan dan sikap di dunia industri dengan cara bekerja dan belajar secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil. Pengalaman belajar di luar perguruan tinggi selama lebih dari 16 minggu hingga 24 minggu dengan aktivitas pembelajaran yang terstruktur yang akan dikonversi sampai dengan 20 SKS per kegiatan per semesternya.

Menteri pendidikan, Nadiem Makarim, menyampaikan bahwa keinginannya agar mahasiswa dapat belajar di luar prodi dan di luar kampusnya. Beliau meminta agar mahasiswa/i tidak menyia-nyiakan program kampus merdeka karena dengan program kegiatan pembelajaran yang beragam banyak memberikan manfaat. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat memilih program pembelajaran untuk mengasah minat dan bakatnya, baik di dalam atau pun di luar kampus. "Ini adalah hak mahasiswa untuk merdeka karena kita tahu bahwa satu pekerjaan tidak bisa dikerjakan oleh satu disiplin ilmu saja," tuturnya.

PT MariBelajar Cerdas Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan berbasis teknologi yang berasal dan Indonesia yang bekerjasama dengan PT Microsoft Indonesia. Selain itu, sejalan dengan misinya MariBelajar merupakan perusahaan yang ingin memberdayakan setiap orang untuk belajar teknologi agar beradaptasi dan bersaing dengan adanya beragam perubahan yang terjadi dengan misi "Empowering Everyone to Learn" di Indonesia. PT MariBelajar menyediakan beberapa learning track diantaranya; Modern Educator, Intelligence Cloud, dan Information Worker. Akan tetapi, learning track ini dapat berubah pada setiap pergantian batch, untuk saat ini learning track yang dibuka diantaranya; Microsoft 360 for End User (Education and Business), Micosoft 3600 for Administration, Microsoft Power BI, Microsoft Developer Technologies, Techsmith Technologies (Camtasian and Snagit). 

PT. MariBelajar memberikan pelatihan terkait teknologi yang dilakukan untuk mendukung pendidik dalam rangka menciptakan inovasi pembelajaran secara cepat, tepat dan bertahap. Dalam hal ini MariBelajar tidak hanya memberikan pelatihan untuk memajukan dunia pendidikan akan tetapi terbuka untuk memberikan pelatihan kepada perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan transformasi digital melalui pemanfaatan sejumlah teknologi. MariBelajar secara spesifik mengangkat berbagai jenis topik pelatihan tentang teknologi Microsoft ang mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas sebuah institusi pendidikan dan perusahaan. Oleh karanenya, pendidik secara luas tidak hanya guru, dosen atau mentor melainkan pendidik juga yang berada di perusahaan yang hendak mengubah perusahaan menjadi lebih efektif, efisien dan produktif sehingga menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Gambar 1. Meeting in Microsoft Teams  Dok Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun