Mohon tunggu...
Alam Maulana Putra Santoso
Alam Maulana Putra Santoso Mohon Tunggu... N/A

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM 20107030057

Selanjutnya

Tutup

Travel

Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Magelang

19 April 2021   22:29 Diperbarui: 19 April 2021   23:07 73 1 0 Mohon Tunggu...

Semua orang yang setiap harinya bekerja belajar bahkan hanya rebahan saja pasti membutuhkan yang namanya refreshing alias liburan. Siapa yang tidak tau dengan Magelang, tempat yang terkenal dengan Candi Borobudur sebagai salah satu Candi yang terbesar di Indonesia. Magelang terletak diantara 2 Ibu kota Provinsi di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yaitu Semarang dan Yogyakarta. untuk datang kesini anda hanya bisa melalui perjalanan darat karena di daerah ini belum ada bandara maupun pelabuhan bahkan stasiun pun belum ada. Magelang dikelilingi 5 gunung yang membuat daerah ini memiliki hawa yang sejuk, 5 gunung tersebut yakni, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Andong serta Ada Pegunugan Menoreh dan Bukit Tidar. Untuk menjangkau daerah ini dapat ditempuh 2 jam dari pusat Kota Semarang, 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta, dan 10 Jam dari Jakarta. Langsung saja berikut destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Magelang.

1. Yang pertama ada Candi Borobudur, sangat wajib anda mengunjungi tempat ini. Candi Borobubur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,  merupakan Candi yang sangat bersejarah di Indonesia yang ada di wilayah ini. Di bangun pada masa Kerajaan Mataram dengan Raja Samaratungga pada sekita tahun 824 M. Candi ini dulunya terpendam di dalam tumpukan tanah dan debu vulkanik karena letusan Gunung Berapi pada masa itu. Pada saat kepemimpinan Gubernur Thomas Stamford Raffles tahun 1814, Sang Gubernur yang tertarik untuk menggali informasi dan mencari Candi yang hilang tersebut. Gubernur memerintahkan bawahanya untuk membabat alas dan menggali bukit yang di gadang gadang sebuah Candi besar, dan benar saja duggan itu dipecahkan oleh bawahan Gubernur tersebut, Hingga saat ini Borobudur masih terlihat gagah. Retribusi masuk ke kawasan Candi Borobudur tergolong terjangkau, hanya merogoh kocek sebesar 30 ribu anda bisa masuk dan menikmati wisata di area Candi Borobudur, tidak hanya candi saja didalam kawasan Candi tersebut terdapat Museum Borobudur, Pasar Cinderamata dan oleh oleh, Jeep wisata bahkan ada berkuda juga di dalam kawasan Candi Borobudur.

2. Pemandian air hangat Candi Umbul, terletak di Dusun Candi Umbul, Kartoharjo, Grabag, Magelang merupakan situs kuno milik kerajaan mataram yang konon dulunya dipakai untuk berendam oleh putri putri Raja Mataram sejak abad 8 Masehi. Letak tempat ini tidak jauh dari jalan utama Semarang-Yogyakarta, hanya beberapa ratus meter saja dari jalan utama sudah sampai tempat ini. Para wisatawan tidak hanya berenang saja ditempat ini namun banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai sarana pengobatan untuk kesehatan kulit. Tiket Retribusi untuk masuk ke tempat ini sangat murah, hanya 10 ribu saja sudah dapat menikmati air hangat dengan view candi yang tampak estetik.

3. Puthuk Setumbu, bagi kalian yang hobi hunting mengejar sunrise tempat ini sangat cocok untuk kalian, dengan view Candi Borobudur yang sangat indah, letaknya tidak jauh dari Kawasan Candi Borobudur. Punthuk Setumbu berada di kawasan perbukitan tepatnya di gugusan Bukit Menoreh. Lokasi persis tempat ini berada di gugusan bukit Menoreh di Jalan Borobudur Ngadiharjo Km 4 Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Terletak di ketinggian 1300 mdpl dan sangat disarankan untuk menikmati sunrise ditempat ini anda mengenakan jaket atau penghangat tubuh lainya karena suhu yang cukup dingin diwilayah ini apalagi disaat waktu sunrise, dan tiket retribusi untuk masuk kawasan ini tergolong murah hanya 15 ribu saja anda bisa menikmati indahnya sunrise dengan view Candi Borobudur yang di hiasi kemunculan mentari.

4. Taman Kyai Langgeng, bisa dibilang tempat wisata ini adalah miniatur dari Dufan walau wahana tidak sekomplit Dufan namun anda bisa menikmati berbagai macam wahana yang seru disini. Lokasi Taman Kyai Langgeng berada di kota Magelang hanya berjarak 1,5 km dari Alun alun kota magelang anda dapat mengunjungi tempat ini. Biaya retribusi masuk ke tempat ini hanya 25 ribu untuk hari biasa dan 30 ribu untuk weekend. buakn hanya wahana permainan saja yang disajikan namun juga banyak beberapa satwa terdapat di taman ini seperti merak, buaya, aneka ular, orang utan dan masih banyak lainya, terdapat juga beberapa tanaman langka endemik khas Indonesia, bahkan ada wisata dirgantara yang didalamnya memang pesawat asli yang sudah tidak beroprasi dan dijadikan sebagai wisata edukasi.

5. Silancur Highland, wisata sunrise ini tidak kalah indah dengan Puthuk Setumbu terletak di Dusun Mangli, Kecamatn Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, terletak 15 km dari pusat kota magelang dan dapat ditempuh dengan waktu setengah jam dari pusat Kota Magelang. Sangat diarankan anda datang ketempat ini sebelum sunrise, karena banyaknya animo pengunjung yang datang untuk menikmati sunrise sangat banyak sekali, hanya dengan 15 ribu saja anda bisa menikmati sunrise dengan View Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo. 

Masih banyak lagi destinasi wisata lainya yang ada di Magelang, namun destinasi diatas wajib dikunjungi saat anda berada di Magelang, pasti rasa suntuk anda setelah belajar bekerja maupun rebahan setiap hari pasti akan hilang saat Liburan. Dan jangan lupa juga untuk berburu kuliner di Magelang dengan harga yang sangat terjangkau anda bisa menikmati berbagai macam kuliner yang ada di Kota ini. Buah nangka rasa kecipir terima kasih sudah mampir~

VIDEO PILIHAN