Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Transisi dan Transformasi Ekonomi Digital sebagai Konsep Akseleratif bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Negara Berkembang

17 November 2022   18:35 Diperbarui: 17 November 2022   18:40 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia Cerdas dengan konsep transformasi Digitalisasi bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, Ilustrasi : ekbis.sindonews.com

"Dampak pandemi covid 19 begitu besarnya terhadap berbagai sektor perekonomian di Indonesia, bahkan aspek pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nyaris menurun, sehingga menyebabkan meningkatnya Inflasi"

Indonesia sebagai negara berkembang, dengan serangan pandemi covid 19 yang hampir melumpuhkan berbagai sektor perekonomian, menjadi pukulan telak, terutama bagi masyarakat kelas menengah kebawah.

Akibat dari pandemi covid 19 yang terjadi, banyak perusahaan yang harus mengurangi jumlah karyawannya, dan banyak usaha mikro kecil dan menengah harus tutup, saat usianya masih seumur jagung.

Pesatnya perubahan dan perkembangan zaman, yang sudah tidak terpisahkan dengan kecanggihan tekhnologi, menjadi salah satu haluan yang cukup prospektif bagi proses perkembangan ekonomi.

Problem menjamurnya pengangguran akibat adanya PHK besar-besaran oleh beberapa perusahaan di negeri ini menyebabkan masyarakat kelimpungan, sehingga dengan adanya pengurangan tenaga kerja mau tidak mau, suka tidak suka masyarakat harus memutar otak untuk mencari penghasilan.

Berhenti bekerja bukan lantas diam tidak bekerja, sebab hidup dan kehidupan ini terus berjalan, dan secara sederhana yang namanya makhluk hidup butuh financial untuk memenuhi sandang, papan, dan pangan, sehingga secara naluriah dengan bekal akal pikiran, manusia harus bekerja untuk menghasilkan sesuatu guna memenuhi yang namanya kebutuhan.

Salah satunya adalah dengan berupaya dan berusaha, baik mencari kerja lagi disebuah perusahaan, atau berusaha membuka lapangan kerja sendiri, entah berjualan, membangun bisnis UMKM, dan lain sebagainya.

Menjadi sebuah catatan bagi kita, dimana view kita harus melihat jauh kedepan, karena hidup dan kehidupan yang saat ini terus tumbuh dan berkembang sudah tidak lepas dari siklus digitalisasi sebagai sebuah alat yang transformatif bagi proses perkembangan ekonomi, terutama bagi Indonesia sebagai negara berkembang.

Situasi dan Kondisi dalam Mode Transisi

Sebagai negara berkembang, Indonesia masih berada dilevel transisi, dimana masyarakatnya tidak sepenuhnya memahami arah dan perkembangan ekonomi digital yang saat ini sudah mulai gencar disuarakan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga keuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun