Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menelaah Relawan IndonesiaAnies, Fenomena Sosial Menuju Pilpres 2024

3 November 2022   16:28 Diperbarui: 3 November 2022   16:40 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Capres Partai NasDem Anies Baswedan saat Memberikan Sambutannya dihadapan Ratusan Relawan IndonesiaAnies, Rabu (02/11) di JCC, Sumber: Tompo.co

"Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang sudah sah di Capreskan oleh partai Nasdem pada (02/11) yang mendeklarasikan Sosok Mantan Gubernur Jakarta itu sebagai Calon Presiden pada pemilu 2024"

Anies Baswedan menghadiri Relawan IndonesiaAnies di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (02/11) disambut dan diteruskan Anies Presiden.

Ribuan relawan IndonesiaAnies yang yang terdiri dari berbagai macam kelompok dan element masyarakat yang menjadi satu mendeklarasikan Anies Sebagai Capres 2024, kembali menjadi sorotan, sebab Capres dari Partai NasDem itu masih belum secara sah menjadi calon Presiden pada pemilu 2024, pasalnya partai NasDem masih belum memenuhi persyaratan ambang batas 20% untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Memang isu yang beredar dan sudah terbaca oleh publik, bahwa NasDem akan berkoalisi dengan partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat untuk memenuhi persyaratan am and batas 20% tersebut.

Meski NasDem masih belum kunjung mendeklarasikan koalisi dengan partai PKS dan Demokrat, yang disebut-sebut sebagai Koalisi Perubahan, tetapi fenomena sosial atas berkembangnya dukungan dan relawan dari berbagai daerah mulai bergeliat.

Relawan IndonesiaAnies yang diduga adalah para relawan dari berbagai macam kelompok dan latar belakang itu kembali mendeklarasikan Anies sebagai Presiden, tentu hal tersebut bagian dari fenomena sosial yang sedang berkembang hari ini.

Para relawan ini tentu akan bergerak membuat sebuah event yang bisa mendatangkan kerumunan, dengan mengatasnamakan relawan, sangat mungkin kegaduhan dan kerusuhan akan terjadi, apalagi jika para relawan itu ditunggangi oleh penyusup gelap.

Anies Baswedan dan Relawan IndonesiaAnies 

Sebuah tahapan yang diskenariokan untuk menuju RI 1, Relawan yang menamakan diri sebagai IndonesiaAnies, mendeklarasikan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Rabu (02/11) menjadi Harapan Bagi Anies untuk bisa bekerja sama dengan partai NasDem, sebab Anies sendiri dicapreskan dari partai tersebut.

Apakah para relawan itu murni sebagai dukungan masyarakat dari berbagai element untuk mendukung pencalonan Anies ? Atau para relawan itu dibentuk oleh elite maupun partai politik yang sedang mencapreskan Anies ? Maka jawabannya sangat mungkin relawan itu sengaja dibentuk untuk memperkuat posisi pencalonan Anies Baswedan untuk menciptakan Narasi bahwa sosok Anies tidak hanya didukung oleh partai Namun didukung oleh rakyat dengan menamakan diri sebagai relawan IndonesiaAnies.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun