Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

"Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan"

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Pertemuan dengan 3 Negara Asean, Presiden Jokowi Sukses Melakukan Kerjasama Multilateral

29 Juli 2022   06:39 Diperbarui: 29 Juli 2022   07:05 205 17 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Yoon Suk- yeol, sepakat kerjasama pembangunan IKN, sumber : nasional.tempo.co

"Kunjungan Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu  ke 3 negara dalam satu rute, menyita perhatian publik, bahkan pro-kontra masyarakat terhadap presiden Jokowi terus bergulir mulai dari yang memuji sampai pada yang menghujat"

Bagi Presiden Jokowi yang suka maupun yang benci semuanya adalah rakyat Indonesia, dan Jokowi tidak ambil pusing soal beragam penilaian masyarakat yang kerap menyebut beliau sebagai antek aseng atau asing.

Dikutip dari beberapa sumber Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden China Xi Jinping untuk melakukan kerjasama multilateral dibidang ekonomi, karena kita tahu saat ini ancaman krisis global menjadi hal yang perlu untuk saling menguatkan antar negara, termasuk dengan China.

Sebelumnya Presiden Jokowi sempat melakukan Kunjungan ke Ukraina dan Rusia sebagai bentuk dan upaya melakukan perdamaian, meski hal tersebut belum sepenuhnya berhasil.

Dikutip dari laman cnbcindonesia.com, pertemuan dengan presiden Republik Rakyat Tiongkok  Xi Jinping menghasilkan beberapa poin kerjasama, salah satunya adalah kemitraan strategis RI-China dalam proses pembangunan ekonomi, politik, dan proyek-proyek maritim.

Disamping itu pula pertemuan bilateral RI- China melakukan kerjasama pembangunan ekonomi pasca pandemi covid 19 untuk membangun solidaritas antar kedua negara tersebut.

Setidaknya pertemuan antar kepala negara tersebut, ada tiga hal penting yang mendasar dan menjadi pokok pembahasan antar negara untuk melakukan kerjasama yakni kerjasama yang terbuka, inklusif dan saling menguntungkan.

Pertemuan presiden Jokowi dengan Presiden China Xi Jinping, sumber : cnbcindonsia.com 
Pertemuan presiden Jokowi dengan Presiden China Xi Jinping, sumber : cnbcindonsia.com 

Baca Juga : Misi Humanisme Presiden Indonesia Untuk Ukraina dan Rusia

Dikutip dari kompas.com, menurut Menlu Retno, kerja sama presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping adalah semangat memperkokoh ekonomi, sebab kedua negara tersebut sebagai negara yang sangat besar dan juga memiliki potensi yang cukup besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan