Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Bergerak Dalam Kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Butuh Bimbingan Pemerintah untuk Menumbuhkan UMKM di Pedesaan

16 November 2021   07:18 Diperbarui: 20 November 2021   11:45 677 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi berjualan, membuka warung kelontong (Dok. Shutterstock/Maharani Afifah via Kompas.com)

"Pandemi yang berlangsung selama dua dekade ini memang tidak bisa kita pungkiri telah menumbangkan sistem perekonomian di negara kita, sehingga sangat perlu bagi pemerintah untuk terus melakukan inovasi baru dalam rangka memulihkan dan menumbuhkan sistem perekonomian untuk kesejahteraan bersama"

Semangat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memang harus di dorong penuh sebagai upaya untuk meningkatkan sistem perekonomian kita lebih baik lagi.

Pasalnya, di tengah degradasi perekonomian kita, perintah sudah berupaya keras untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal.

Pinjaman modal yang sudah lebih dari 1 Triliun selama tahun 2021 merupakan bentuk geliat ekonomi untuk menumbuhkan dan mengembangkannya.

Disamping itu pula ada banyak bantuan pemerintah yang sudah tersalurkan seperti bantuan presiden dan bantuan-bantuan lainnya dari kementerian sosial.

Sedikit cerita dari kami, memang kita ketahui banyaknya bantuan dari pemerintah yang sudah tersalurkan ke masyarakat, namun hal tersebut masih belum dikatakan merata, mengapa kami katakan demikian? 

Karena melihat fakta dilapangan, khususnya di daerah kami, yakni Desa Pondokrejo, kecamatan Tempurejo, kabupaten Jember dengan jumlah penduduk mencapai 7000 jiwa, dengan pendapatan kurang lebihnya 50.000 per KK, masih menunjukkan perekonomian yang bisa dikatakan lemah.

Inilah pentingnya membangun UMKM sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Di samping berjualan, masyarakatpun bisa membuat produk sendiri baik yang berjangka panjang, menengah maupun pendek.

Untuk mewujudkan hal tersebut apa yang seharusnya kita lakukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan