Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Bergerak Dalam Kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Selamat Hari Pahlawan 2021: Jadilah Pahlawan bagi Diri Sendiri dan Orang-orang di Sekitar Kita

10 November 2021   06:58 Diperbarui: 10 November 2021   09:37 513 33 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jadilah pahlawan bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita | ilustrasi : twibbonize.com

"Momen peringatan hari pahlawan Nasional tahun 2021, seyogianya menjadi peringatan atas perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur di Medan juang untuk memerdekakan bangsa ini dari penindasan yang telah ratusan tahun terjajah oleh bangsa lain"

Jika dahulu para pahlawan yang telah berjuang dengan bambu runjing untuk melawan para penjajah karena penindasan dan kerja paksa yang dilakukan oleh bangsa lain, kini saatnya kita harus menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Setiap tanggal 10 November diperingatinya jari pahlawan yang ke 76 tahun ini, tidak lain bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan kita yang telah menyerahkan harta dan nyawanya untuk kemerdekaan bangsa ini.

Selanjutnya para generasi penerus ini, di momen hari pahlawan Nasional 2021, haruslah menjaga dan merawat bangsa kita dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Serta bagaimana menjaga kebhinekaan ditengah-tengah kehidupan masyarakat yang plural.

Baca Juga : (RTC) Nak Jangan terburu-buru pulang, sebelum dagangannya habis terjual

Begitu besarnya jasa para pahlawan kita yang telah gugur di Medan juang, sehingga menjadi beliau yang telah berpulang kerahmatullah untuk selalu di kenang dan menjadi inspirasi dalam kehidupan kita di zaman sekarang.

Begitu banyaknya para pahlawan bangsa kita, tidak hanya meninggalkan kenangan dan cerita, namun juga meninggalkan ajaran-ajaran kehidupan yang tentunya menjadi inspirasi bagi hidup dan kehidupan kita.

Seperti Ki Hajar Dewantara, salah satu pahlawan kita yang berjuang untuk meletakkan dasar-dasar ilmu pendidikan yang sampai saat ini ajarannya masih tersemat dalam dunia pendidikan kita, bahkan menjadi ajaran dasar begi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia dengan beragam konsepnya yang telah di manfaatkan oleh generasi penerusnya.

Oleh karenanya momen hari pahlawan yang ke 76 tahun, merupakan momen untuk mengenang dan mengikuti ajaran dan langkah para pejuang kita, meski kondisi zaman sudah berbeda, maka hal positif yang perlu kita tiru yakni :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan