Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Menapaki Jalan Sunyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Dua Kemungkinan Ribuan Burung Pipit Mati Berjatuhan Di Pulau Dewata

11 September 2021   08:17 Diperbarui: 11 September 2021   08:24 293 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dua Kemungkinan Ribuan Burung Pipit Mati Berjatuhan Di Pulau Dewata
Fenomena ribuan burung Pipit mati di Gianyar - Bali| ilustrasi: klikoran.com

"Fenomena alam yang cukup ekstrem akhir-akhir ini, merupakan gejala alam yang penting untuk di amati, dimana kencangnya angin yang disertai dengan derasnya hujan sebagai fenomena perubahan cuaca yang cukup ekstrem, satu sisi saat ini masih dalam musim kemarau, namun disisi yang lain, masuk pada bulan September pergeseran mentari yang semakin lurus diatas permukaan bumi, menjadikan panas semakin meningkat"

Fenomena ribuan burung Pipit yang mati berjatuhan di Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar- Bali, fenomena tersebut cukup viral dimedia sosial dan merupakan peristiwa yang aneh, karena selama ini tidak pernah terjadi hal yang demikian.

Peristiwa Ribuan burung Pipit yang mati berjatuhan tersebut, terjadi pada kamis 9/9/21, sebagai kejadian yang langka, dan masih belum diketahui secara pasti atas matinya burung Pipit yang mencapai ratusan hingga ribuan.

Dilansir dari kompas.com, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Kabupaten Gianyar Made Santiarka mengatakan, fenomena ini merupakan fenomena alam.

Ia menduga, burung tersebut berjatuhan karena tak kuat melawan cuaca ekstrem saat bertengger di pohon asem.

Sementara disisi yang lain ada yang mengatakan matinya burung Pipit yang mencapai ribuan tersebut karena terindikasi keracunan pestisida yang saat banyak petani di Bali yang telah melakukan penyemprotan pestisida pada tanaman padi mereka.

Peristiwa aneh dan unik ini, memang tidak diketahui secara pasti penyebab kematian burung Pipit yang mencapai ribuan ekor tersebut.

Sejauh ini viralnya kematian ribuan burung Pipit itu, ditengarai ada dua kemungkinan yang menjadi sebab kematiannya.

Kemungkinan Pertama Ribuan Burung Pipit Mati Berjatuhan Karena di picu cuaca ektstrem

Perubahan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini memang merupakan fenomena alam, dimana pergeseran matahari yang semakin lurus di atas permukaan bumi telah menyebabkan kondisi alam menyengat di siang hari, dan sangat dingin dimalam hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan