Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Hanya petani kecil di lereng gunung batu Amper - Jember, Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Membangun Pesona Diri dalam Hidup Sosial Masyarakat

11 Juni 2021   23:33 Diperbarui: 14 Juni 2021   12:43 252 27 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Pesona Diri dalam Hidup Sosial Masyarakat
ilustrasi membangun pesona diri di lingkungan sosial. (sumber: shutterstock via kompas.com)

"Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah lepas bertautan atau bersinggungan dengan manusia lainnya, sebagai makhluk yang saling membutuhkan"

Apa sebenarnya personal branding itu? Dan kenapa sangat penting bagi diri manusia?

Pertanyaan yang mendasar tersebut, merupakan kesatuan tak terpisahkan dalam diri manusia, bahwa sesungguhnya personal branding tercipta seiring waktu dalam diri manusia, dan sangat melekat. 

Hakekatnya hal tersebut sangatlah melekat dalam diri, meski cukup banyak proses membangun citra diri dengan proses dramatisasi.

Pesona diri itu terbentuk dan tercipta baik secara fisik maupun psikis, yang merupakan dua hal yang menjadi keseimbangan dalam diri manusia, sehingga dari keseimbangan lahiriah dan batiniah itu tercipta suatu penilaian yang terbentuk dalam persepsi banyak orang.

Meski pesona diri itu bisa di bentuk dengan melakukan atraksi dan dramatisasi yang cukup memukau orang yang melihat dan mendengar, namun hal tersebut tidak lantas bisa menjadi ukuran, karena drama itu tidak akan pernah sama dengan yang asli dari dalam diri kita sendiri.

Beberapa hal di bawah ini barangkali bisa menjadi refrensi untuk di wujudkan dalam dunia nyata dalam rangka menaikkan level pesona diri kita, apapun profesi yang melekat dalam diri.

1. Membangun Rasa Percaya Diri 

Rasa percaya diri merupakan modal besar dalam diri untuk bertindak dan melakukan sesuatu, dengan catatan percaya diri sesuai dengan kapasitas yang kita miliki. Artinya jangan merasa percaya diri jika memang tidak bisa melakukan hal yang bukan kapasitas kita.

Percaya diri yang di maksud disini sesuai dengan skil dan kemampuan kita, baik dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sosial masyarakat, tentunya sangat penting bagi kita untuk mengukur kapasitas diri dalam melakukan sesuatu.

Membangun rasa percaya diri ini, sangat penting dalam menciptakan pesona dalam diri, untuk menjadi magnet yang akan memunculkan suatu penilaian positif baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat secara umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN