Mohon tunggu...
Yes Of Course
Yes Of Course Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pura pura jadi orang

yes of course

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal tentang Umat Kristen, Terutama Gereja Kristen Jawa Tengah Utara GKJTU di Kendal

18 Maret 2022   09:01 Diperbarui: 18 Maret 2022   09:29 1832
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini saya akan membahas tentang agama lain yaitu agama kristen, di agama kristen ini banyak sekali perbedaan dengan agama islam mulai dari cara ibadahnya, waktu ibadahnya, hari besarnya dan lain lain.  Pada beberapa hari yang lalu saya berkesemptan mendatangi sebuah gereja yang ada di sekitar daerah saya yaitu GKJTU Kendal atau lebih lengkapnya disebut dengan Gereja Kristen Jawa Tengah Utara, pada waktu itu alhamdulillah bisa bertemu langsung dengan pendetanya tapi sebelum itu saya sempat kebeberapa tempat gereja lain agak susah untuk bertemu dengan pendeta ataupun pengurusnya bahkan saya sampai berulang kali mendatangi tempat beberapa gereja itu dan sampai beberapa hari tapi saya belum juga bisa bertemu dengan pihak gereja, tapi malah bertemu dengan anjing.

 Akhirnya pada waktu itu saya ke gereja kristen jawa tengah utara saya bertemu dengan pemuda gereja disana dan akhirnya bebrapa hari berikutnya saya bisa bertemu dan wawancara dengan pendetanya secara langsung, disitu saya banyak mengajukan pertanyaan dan alhamdulilahnya juga bapak pendetanya sangat welcome/ramah dan santai buat dimintai waktu wawancara. Dikesempatan itu saya menanyakan lumayan banyak hal mulai dari awal mula sejarah sejarah agama kristen, perkembangan agama kristen, perkembangan gereja, perpecahan gereja yang sekarang ada kristen katolik dan juga kristen protestan. Jadi saat itu beliaunya menjelaskan gereja itu pada waktu abad pertama Cuma ada satu jenis nama gereja, kemudian dalam perkembangannya gereja itu pecah menjadi dua bagian, yaitu ada katolik dan protestan.

Ada juga beberapa tokoh nya di gereja atau agama kristen itu sendiri yaitu peter waldo, santo fransiskus dari asisi, jhon wyeliff, desiderius erasmus, marthin luther, Huldrych Zwingli, John Calvin, John Knox. Mungkin juga masih ada beberapa tokoh lain termasuk tokoh yang ada hubungannya denagn revolusi gereja dan juga tokoh yang sekarang berpengaruh didunia.

Beliau juga berkata ketika kristen masuk ke Indonesia, kristen di indonesia sudah menjadi 2 agama. Yaitu agama kristen katolik dan kristen protestan atau kristen itu sendiri. Yang saya baru tahu juga ternyata di agama kristen itu banyak sekali aliran aliran kristen didalamnya yang bahkan semakin berkembang dan banyak pengikutnya. Beliau mengatakan Aliran aliran di kristen muncul dan ada tergantung dari kekabar injil, kalau kekabar injilnya dari eropa yang paling terkenal adalah kristen protestan. Jadi semua itu tergantung dari kekabar injilnya dari mana.

Saat saya wawancara dengan beliau, saya baru tahu kalau di kristen itu banyak sekali jenis jenis nama gereja dan tentu saja itu bukan hanya sekedar beda nama tapi juga tergantung aliran dan kelompok gereja.

Gereja Protestan

Lihat pula: Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia

Berikut beberapa gereja Protestan yang ada di Indonesia. Cabang/pemekaran/pecahan dari suatu gereja ditandai dengan sub-bagian.

Gereja Adat

Banyak jenis atau cabang gereja yang ada di Indonesia (di level provinsi) merupakan gereja yang bersifat tradisional atau kedaerahan tertentu. Hal ini terjadi karena adanya politik gospel masa lalu oleh pihak Penjajah (Portugal ataupun Belanda) yang memakai taktik pendekatan suku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun