Akhi Syabab Ahmad
Akhi Syabab Ahmad Programmer

Founder PengangguranExpert yang sekarang masih berstatus mahasiswa. Kerja sebagai web app developer part time

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Hobi Menunggu Laptop Lemot?

10 Juni 2018   23:26 Diperbarui: 10 Juni 2018   23:51 388 0 0
Hobi Menunggu Laptop Lemot?
pexels.com

Sebelumnya saya akan menggunakan kata "komputer" untuk memberi nama jenis komputer desktop dan kata "laptop" yang merujuk ke jenis komputer laptop. Komputer atau laptop merupakan sebuah alat yang mungkin dianggap wajib bagi banyak orang karena untuk kepentingan pekerjaan, sekolah, dan lainya. Komputer memang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Dengan adanya komputer, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektik, efisien, mudah, dan cepat.

Tips meningkatkan performa dan kecepatan komputer. Sedikit pembahasan cara agar laptop tidak lemot

Terkadang komputer atau laptop sering mengalami masalah proses yang sangat lambat atau kita biasa sebut lemot, bahkan hingga hang. Hal ini disebabkan karena komputer terlalu berat untuk menerima banyak perintah sehingga terjadi hal sedemikian rupa. 

Tapi dengan tulisan kali ini saya akan memberi informasi beberapa tips untuk mengatasi atau mencegah hal tersebut. Sebelumnya anda bisa baca dipostingan tentang Tips Merakit PC. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan kinerja komputer serta mencegah proses yang lambat bahkan hang.

1. Upgrade Processor

Processor merupakan otak dari sebuah komputer. Sangat mudah kita pahami jika Processor semakin bagus maka kinerja komputer akan semakin cepat. Tapi untuk melakukan langkah ini perlu biaya yang lumayan karena komponen ini salah satu komponen yang cukup mahal di rangkaian komputer. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah processor yang baru harus sesuai dengan socket (wadah) yang ada pada motherboard.

2. Upgrade RAM

RAM juga merupakan komponen yang sangat penting dalam kinerja komputer. RAM bertugas sebagai media penyimpanan sementara perintah serta proses saat komputer berjalan. Semakin banyak kapasitas RAM maka dapat memuat lebih banyak data sementara sehingga mengurangi peluang komputer lambat. Berikut cara melihat ram laptop dan cara menambah ram laptop.

3. Upgrade HDD ke SSD

SSD merupakan generasi baru dari HDD atau yang kita kenal dengan hardisk sebagai media penyimpanan permanen. Langkah ini merupakan rekomendasi teratas dari saya karena perbedaan kecepatan read dan write HDD dengan SSD sangat jauh. Komputer kita memiliki sistem operasi dan banyak aplikasi yang disimpan di media penyimpanan ini. Jadi akan lebih cepat proses read dan write data jika kita menggunakan SSD.

4. Pilih OS yang ringan

Tips ini merupakan pilihan yang bisa menjadi pertimbangan bagi masing-masing pengguna. Pengguna bisa memilih sistem operasi dari sisi tampilan yang elegan atau sistem operasi yang ringan. 

Bagi anda yang belum bisa melakukan tips 1-3, tips ini bisa menjadi alternatif. Jika anda pengguna windows, maka mungkin cukup sedikit pilihan jenisnya. Tapi anda bisa menggunakan windows 7 32bit jika merasa spesifikasi komputer atau laptop anda rendah.

Tapi berbeda lagi jika linux, anda dapat memilih banyak jenis os diantaranya Ubuntu, Mint, Manjaro, Fedora, dll, baik 64 bit atau 32 bit. Selain itu setiap OS Linux memiliki banyak jenis desktop environtment seperti KDE, GNOME, XFCE, dan lainya dimana anda bisa memilih sesuai keinginan. Bisa memilih dari sisi tampilan atau dan dapat mempertimbangan sisi berat ringanya OS Linux. 

Seperti informasi, penulis saat tulisan ini dibuat menggunakan OS linux Mint XFCE dimana memiliki keunggulan yaitu sangat ringan untuk komputer atau laptop dan tampilan yang sudah cukup baik. Anda bisa baca Linux desktop environtment terbaik.

Artikel ini berasal dari: cara-agar-laptop-tidak-lemot dari penulis yg sama :)