Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar di Sepanjang Hayat

Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Strata Manajemen Pendidikan | Best Teacher Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Pembiasaan Kegiatan Positif dalam Buku Amaliyah dan Pembelajaran Ibadah Siswa

25 Maret 2023   05:49 Diperbarui: 31 Maret 2023   10:24 1602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Buku Amaliyah Ramadhan (Sumber: dokkanafkar.com)

Berbicara tentang Buku Amaliyah Ramadhan maka kita bisa memahaminya sebagai sebuah buku yang isinya berisi panduan dan lembar kerja terkait amaliyah yang dilaksanakan oleh siswa selama Ramadhan.

Buku amaliyah ramadhan ini biasanya berisi informasi tentang ibadah puasa, shalat tarawih, membaca Al-Qur'an, sedekah, dan amalan-amalan lainnya yang dianjurkan selama bulan Ramadhan. Yang kemudian pada lembaran berikutnya berupa lembar kerja yang mesti dilengkapi oleh siswa secara manual sebagai bentuk rekapitulasi kegiatan-kegiatan ibadah yang dilakukannya setiap hari selama Ramadhan.

Mungkin beberapa waktu yang lalu tepatnya selama pandemi siswa tidak diberikan Buku Amaliyah Ramadhan lantaran adanya aturan untuk beribadah yang dianjurkan dirumah saja.

Namun, pada edisi Ramadhan 1444 Hijriyah yang jatuh di bulan Maret 2023 ini maka siswa kembali diberikan Buku Amaliyah Ramadhan.

Sejatinya, Buku Amaliyah Ramadhan juga dapat membantu siswa dalam memperdalam pemahaman mereka tentang pendidikan agama Islam secara praktis dan meningkatkan kualitas ibadah para siswa selama bulan Ramadhan.

Lembar kerja yang terdapat pada buku Amaliyah Ramadhan untuk siswa berisi daftar amalan-amalan atau ibadah-ibadah yang dapat dilakukan oleh siswa selama bulan Ramadhan. 

Setidaknya siswa musti mengisi daftar telah melaksanakan shalat lima waktu, puasa, tarawih, witir, tadarus Al-qur'an, infaq/shodaqoh, tahajjud, shalat dhuha, dan ibadah lainnya serta kolom untuk mencatat kesimpulan isi ceramah dari ustadz/ustadzah, sesuai yang ada di Buku Amaliyah Ramadhan yang sudah dibagikan bagi setiap siswa.

Alasan dari adanya lembar kerja pada Buku Amaliyah Ramadhan untuk siswa adalah memberikan panduan dan motivasi kepada siswa untuk melaksanakan ibadah-ibadah selama bulan Ramadhan dengan baik dan benar sesuai tuntunan. 

Dengan adanya lembar kerja pada Buku Amaliyah Ramadhan maka diharapkan siswa akan lebih mudah memperoleh panduan tentang jenis ibadah dan amal sholeh apa saja yang bisa dilaksanakan siswa selama bulan Ramadhan demi meningkatkan kualitas ibadah mereka. 

Sementara itu, Buku Amaliyah Ramadhan ini juga dapat dijadikan alat evaluasi bagi guru dalam upaya membina kesadaran siswa dalam melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun