Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar di Sepanjang Hayat

Best Teacher Kompasiana Award 2022 | Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Strata Manajemen Pendidikan πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pentingnya Kisi-kisi Soal Ujian dan Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik

2 Desember 2022   22:26 Diperbarui: 5 Desember 2022   03:01 826
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana kelas tatkala siswa mengikuti ujian di salah satu SD di Pekanbaru (foto Akbar Pitopang)

Masa Ujian Semester akan segera datang. Seluruh siswa dan guru akan disibukkan dengan kegiatan penting yang satu ini dalam proses pendidikan.

Bagi seluruh siswa mengikuti ujian merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Pelaksanaan ujian merupakan salah satu bentuk proses evaluasi atau penilaian hasil belajar siswa yang telah dilakukan selama satu semester.

Nilai yang diperoleh siswa nantinya dapat dijadikan salah satu patokan untuk mengukur tingkat keberhasilan ketercapaian siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Seluruh siswa hendaknya dapat benar-benar fokus untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan ujian ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat ini, Kompasiana memiliki ruang tersendiri bagi pelajar dan guru menyampaikan ide, gagasan, masukan, serta segala sesuatu hal yang perlu dibahas bersama demi mensukseskan dunia pendidikan di Indonesia.

Berbicara tentang apa saja yang dilakukan oleh pelajar guna mempersiapkan diri mengikuti ujian ini, sepertinya sudah banyak diantara pelajar yang membahasnya disini.

Ketika kami simak ternyata apa yang diungkapkan oleh para pelajar tersebut sungguh sangat menarik dan memberikan wawasan kepada pelajar lain tentang bagaimana mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat mengikuti ujian.

Namun, kali ini izinkan kami selaku guru untuk menyampaikan suatu hal yang penting untuk ditindak lanjuti baik oleh guru maupun siswa sebelum dilaksanakannya kegiatan ujian.

Tak lain dan tak bukan adalah pembahasan kisi-kisi soal ujian.

Ya, sangat penting dilakukan pembahasan kisi-kisi soal ujian sebagai gambaran bagi siswa tentang materi apa saja yang akan keluar nantinya dalam bentuk soal ujian.

Ketika siswa mengetahui kisi-kisi soal ujian maka mereka bisa memetakan materi apa saja yang harus dipelajari ulang sebelum ujian.Β 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun