Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi. Alam takambang jadi guru | Tulisan berupa opini, observasi, pengalaman diri didukung referensi | Bagian dari project buku kolaborasi Kompasiana dan Bentang Pustaka: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Let inspired to inspiring 👍

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Korelasi Pentingnya Lagu Nasional Membentuk Profil Pelajar Pancasila Pasca Pandemi

16 Agustus 2022   12:40 Diperbarui: 16 Agustus 2022   14:42 523 50 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi lagu nasional (Sumber: Pixabay)

Jelang momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus yang jatuh pada esok hari. Pada pagi hari ini, di sekolah kami sebelum siswa memasuki ruangan kelas maka siswa akan dikumpulkan terlebih dahulu di halaman sekolah. 

Biasanya 30 menit setelah bel berbunyi pada pukul 07.00 tepat maka akan dilaksanakan kegiatan positif seperti kegiatan literasi setiap hari Selasa dan Kamis.

Namun, khusus untuk hari ini dilaksanakan kegiatan menyanyikan lagu nasional secara bersama. Di mana seluruh siswa dan guru menyanyikan lagu-lagu nasional.

Ada beberapa lagu nasional yang tadi diperdendangkan kembali kepada seluruh siswa. Tapi ternyata banyak di antara siswa yang lupa lirik lagu nasional. Maupun ada juga yang tidak tahu sama sekali lirik lagu nasional yang dinyanyikan tersebut. 

Kondisi ini tentu menjadi sesuatu yang cukup miris seakan-akan guru dan pihak sekolah telah gagal dalam mengenalkan dan mendidik siswa tentang lagu nasional. 

Padahal selama ini di dalam kelas ketika ada kesempatan maka guru akan mengiringi kegiatan pembelajaran dengan kegiatan menyanyikan lagu nasional secara bersama. Namun faktanya yang terjadi adalah masih banyak siswa yang lupa dan bahkan tidak tahu sama sekali tentang lagu nasional tersebut.

Misalkan saja tadi kami menyanyikan lagu nasional berjudul "17 Agustus 1945". Lirik lagu tersebut sepertinya ada yang agak mirip dan cukup membuat siswa menjadi kebingungan sehingga liriknya menjadi keliru.

Seperti pada lirik: "Kita tetap setia tetap sedia membela negara kita".

Terbukti bahwa tadi untuk lirik tersebut siswa keliru dalam menyanyikannya di mana yang terdengar secara bersama-sama siswa menyebutkan kata sedia terlebih dahulu baru setelah itu menyebutkan kata setia. Tentu hal tersebut menyalahi lirik lagu nasional tersebut. 

Ilustrasi mengajarkan peserta didik menyanyikan lagu nasional (KOMPAS / AGUS SUSANTO)
Ilustrasi mengajarkan peserta didik menyanyikan lagu nasional (KOMPAS / AGUS SUSANTO)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan