Mohon tunggu...
Akbar Darussalam
Akbar Darussalam Mohon Tunggu... Hi, my name is Akbar. Send me a text on whatsapp 081315099409 if you want to collaborate with me

I am a data analyst, an archer, and a game enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN Covid-19 UNS sebagai Upaya Pemutusan Rantai Penyebaran Virus

8 Agustus 2020   01:25 Diperbarui: 8 Agustus 2020   01:23 16 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Covid-19 UNS sebagai Upaya Pemutusan Rantai Penyebaran Virus
Logo KKN COVID-19 UNS

Universitas Sebelas Maret Surakarta telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan Relawan UNS Tanggap Wabah COVID-19 yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kota Bekasi. Dilaksanakan di Komplek Kemang Ifi Graha RT 13 RW 07 Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Akbar Darussalam, mahasiswa program studi statistika UNS angkatan 2017 melaksanakan kegiatan Relawan COVID-19 di lingkungan tersebut dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan Drs. Sisyono Eko Widodo, M. Hum. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih selama 35 hari dengan Tema Supporting Pemahaman masyarakat mengenai COVID-19.

Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi dan edukasi secara daring melalui media sosial, yaitu Instagram. Konten edukasi berupa infografis yang disosialisasikan membahas tentang COVID-19, cara penularan COVID-19, cara pencegahan penyebaran virus corona dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cara mencuci tangan dengan baik dan benar, pentingnya menggunakan masker dan jenis-jenis masker, serta penjelasan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berikut dengan daerah mana saja yang menerapkannya.

Selain itu, terdapat konten tutorial dan rekomendasi berupa video yang disebarluaskan melalui media sosial Instagram untuk mengisi waktu luang di rumah selama karantina. Konten tersebut berisikan informasi cara membuat makanan ringan atau camilan di rumah, cara menghias kamar, cara membuat ember keran, cara membuat ember keran, cara membuat masker kain, rekomendasi film atau serial, rekomendasi channel youtube yang bermanfaat, dan rekomendasi permainan mobile.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi juga dilakukan secara langsung disekitar Komplek Kemang Ifi Graha RT 13 RW 07 Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi melalui pemasangan banner atau mmt yang berisikan informasi cara mencuci tangan dengan baik dan benar, ajakan memakai masker, dan cara memakai masker dengan benar.

Pemasangan banner mengenai cara mencuci tangan dan ajakan memakai masker di lingkungan Komplek Kemang Ifi Graha, Jatiasih, Bekasi.
Pemasangan banner mengenai cara mencuci tangan dan ajakan memakai masker di lingkungan Komplek Kemang Ifi Graha, Jatiasih, Bekasi.
Hasil yang diharapkan selama kegiatan KKN ini adalah pemahaman masyarakat terhadap COVID-19 meningkat, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan juga meningkat, dan masyarakat mampu mengatasi rasa bosan saat karantina. 

Kegiatan KKN ini berjalan baik atas dukungan Ketua dan warga RT 13, serta Dosen Pembimbing Lapangan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan bumi lekas membaik. Stay Safe teman-teman!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x