Mohon tunggu...
akbarbrok
akbarbrok Mohon Tunggu... Lainnya - menulis, menulis dan menulis.

MARI HIDUP TANPA MEREBUT KEHIDUPAN ORANG LAIN.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Akar "Korean Wave" Sukses Merambat Di Indonesia

17 Juli 2021   01:32 Diperbarui: 17 Juli 2021   01:36 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SoftNews - Perjalanan Korean Wave yang biasa disebut sebagai gelombang korea kini sangat berkembang di berbagai dunia terutama di Indoensia. Gelombang Korea melebarkan sayap pertama kalinya muncul dalam K-Drama Endless Love di stasiun TV Indosiar pada tahun 2002 sampai dengan 2013 yang pada akhirnya Indosiar dijuluki sebagai Stasiun TV serial Korea, Drama Korea ini juha sangat di minati oleh masyarakat Indoensia terutama dikalangan remaja hingga dewasa. 

Budaya Korean Wave seperti musik, film drama, makanan, peralatan kosmetik, busana bahkan bahasa sudah menyebar ke masyarakat Indonesia. Korean wave tidak hanya sebatas mampu memasarkan budaya yang sudah populer ke seluruh penjuru dunia, akan tetapi korean wave mampu bersaing untuk menarik perhatian para remaja yang berada di Indonesia.

Pemerintah Korea Selatan juga memberi dukungan penuh kepada Korean Wave untuk memasarkan budaya-budaya korea seletan ke beberapa negara untuk membangun serta mengubah citra bangsa nya dari bangsa tradisional menjadi bangsa yang lebih modern. Korean Wave juga telah berhasil mempernkenalkan budaya korea selatan dan karya-karyanya menjadi sangat diminati bahkan ketagihan ke berbagai negara salah satu nya Indonesia.

Hal ini didukung pula oleh banyaknya perusahaan Korea yang berinvestasi di luar Korea seperti negara Indonesia. Dengan belajar memahami bahasa Indonesia, pemerintahan korea sangat memberikan peluang bagi para Korean Wave tetap bersaing di negara lain.

Kemudian banyak sekali artis Korea yang diundang ke dalam acara-acara nasional di Indonesia bahkan korean wave juga berhasil menjadi brand ambassador suatu produk atau perusahaan  yang berada di Indonesia, salah satu perusahannya yaitu TokoPedia yang berkolaborasi dengan BTS kemudia Blibli berkolaborasi dengan Park Seo Joon serta Lazada yang berkolaborasi dengan Lee Min Ho.

Indonesia saat ini menjadi negara yang di kenal sebagai salah satu penyumbang fanbase terbesar untuk artis-artis Korea, Indonesia meminta untuk lebih meminta para artis Korea dengan membuat konten-konten yang berbudaya Indonesia. Hal tersebut membuat budaya korea semakin menyebar luas di Indonesia dan memiliki padatnya masyarakat Indonesia yang tertarik dengan Korean Wave, bahkan tidak sedikit yang rela datang dari jauh-jauh dan mengeluarkan biaya yang tak murah demi melihat pertunjukan artis korea kesayangannya.

Kemudian muncul grup bernama Secret Number di bawah naungan Vine Entertainment yang di rilis pada tanggal 19 Mei 2020, Idola group wanita pertama yang memiliki anggota dari Indonesia yang bernama Dita Karang wanita Asli Indonesia yang memiliki darah Bali dan besar di Yogyakrata.  Hal tersebut tentu makin mendapatkan perhatian besar dari seluruh dunia khususnya masyarakat Indonesia sehingga popularitas yang dimiliki menjadi sangat terangkat. Maka dari itu,  dapat dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki peran penting dalam berkembangnya Korean Wave secara global.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun