Pemerintahan Pilihan

Cawapres Jokowi dan Prabowo yang Mengejutkan

10 Agustus 2018   02:56 Diperbarui: 10 Agustus 2018   12:44 681 5 3
Cawapres Jokowi dan Prabowo yang Mengejutkan
sumber gambar: merdeka.com

Kejutan terjadi terkait pemilihan cawapres Jokowi dan Prabowo menjelang ditutupnya masa pendaftaran pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2019.

Kejutan pertama diawali dari Koalisi Prabowo yang memilih Sandiaga Uno sebagai cawapres, mengalahkan kandidat kuat AHY dari Demokrat yang menyebabkan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief pun terkesan berang dan mengatakan Prabowo adalah Jenderal Kardus. Ia pun menuding Prabowo "mata duitan" atau lebih mementingkan uang ketimbang perjuangan.

Sila baca: Jenderal Kardus, Pantaskah Prabowo dan SBY Dijuluki Seperti itu?

Kejutan berikutnya datang dari Koalisi Jokowi. Mahfud Md yang sudah dipilih Jokowi sebagai cawapres, tiba-tiba berubah menjadi Ma'ruf Amin dalam hitungan beberapa jam saja.

Tadinya diperkirakan "gempa politik" itu kecil kemungkinannya akan terjadi. Cawapres Jokowi maupun Prabowo tak jauh dari nama-nama yang selama ini digadang-gadangkan oleh para pengamat politik. Namun diluar dugaan justru terjadi sebaliknya atau ada kejutan yang tak disangka, baik itu menyangkut cawapres Jokowi maupun Prabowo.

Diperkirakan cukup banyak pihak yang terkejut atas terpilihnya Ketua MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang terpilih sebagai cawapres Prabowo.

Politik itu dinamis, politik itu cair. Frasa yang sudah tidak asing lagi bagi para pengamat politik. Meskipun demikian, kedinamisan dan kecairan politik kali ini terkait cawapres Jokowi dan Prabowo untuk Pilpres 2019 boleh dibilang "hanya terjadi di Indonesia".

Berikut ini beberapa satire dan humor terkait cawapres Jokowi dan Prabowo yang cenderung mengejutkan tadi.

Sila simak selengkapnya video slide di bawah ini: