Ajinatha
Ajinatha Freelancer

Pekerja seni

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tulisan Jelek Jangan Dibaca

15 Mei 2019   21:44 Diperbarui: 15 Mei 2019   22:08 81 12 5
Tulisan Jelek Jangan Dibaca
Foto: Medium.com

Hai K'ners..malam ini saya mau berbagi tentang berbagai problema didunia penulisan. Artikel ini hasil curhat seorang teman yang mengajar dikelas workshop menulis.

Dua bulan yang lalu dia curhat tentang anak didiknya yang depresi karena gagal menulis. Kami ngobrol disebuah kafe dibilangan Cikini Raya, membahas solusi yang harus dia ambil.

"Bro..gue lagi ada persoalan nih dikelas..kebetulan Kita sama-sama didunia penulisan..gue harap lu bisa Bantu gue.."teman saya memulai pembicaraan.

"In Shaa Allah..kalau bisa gue bilang bisa..kalau gak..ntar gue ajak lu ketemu ponakan gue seorang psikolog..okey.."

"Gini..murid gue satu ini udah 2 minggu ngambek gak mau masuk..terakhir masuk gue mau lihat hasil tulisannya..eh dia nolak..dia bilang..Tulisan jelek..jangan dibaca..wajahnya memelas banget.."

"Terus lu paksa juga untuk membaca.."

"Ya gak lah bro..akhirnya gue Cari tahu dari asisten gue..kenapa anak itu tiba-tiba berubah gitu..biasanya dia semangat banget.."kata teman saya sedikit frustasi.

"Apa yang lu dapat dari asisten lu..apa yang salah.." Tanyaku penasaran.

"Dia bikin 5 sinopsis skenario..dengan tema macam-macam..tapi satupun gak ada yang bagus.. akhirnya asisten gue sebel..dia jelek-jelekin tuh semua karyanya.."

"Aduh..fatal tuh asisten lu..sebagai pemula gak bisa dipatahkan kayak gitu..suruh aja dia bikin lagi..jangan bilang jelek...kasih tawaran sama dia..genre apa yang dia suka.." saya coba kasih satu solusi.

"Oo gitu ya..okey ntar gue coba kerumahnya..gue akan ajak dia ngomong.."akhirnya kami bubaran, dan berjanji untuk ketemu lagi ditempat yang Sama.

Kemarin kami ketemu lagi di kafe yang sama. Wajahnya begitu sumringah...

"Bro...saran lu mujarab banget..Setelah gue ajak ngomong..gue motivasi..gue bilang sama dia..kamu bisa bikinin sinopsis cerita horor gak...eh dia langsung seneng.."

"Terus..hasil tulisannya gimana..jelek apa bagus..."

"Beuh...luar biasa surprised gue bro.. tulisannya keren banget..idenya gila..anti mainstream banget dah.."

"Syukur deh..makanya kalau mendidik orang jangan diktator..gali kemampuannya dari apa yang dia suka..apa yang paling dekat dengan feeling nya..jadi feel nya dapet.."

"Okay bro..gue terima kasih banget sama Saran lu..gimana mau bantu gue gak di kelas..buat wawasan menulis aja.."

"Wah..gue apa  atuh..cuma penulis kacangan..gue cuma ngerti nulis opini Politik.. yang lain kagak mudeng gue.."

Gitu deh ceritanya.. semoga aja ada hikmah yang bisa diambil dari curhat tersebut..Terima kasih teman-teman K'ners..