Mohon tunggu...
Aji NajiullahThaib
Aji NajiullahThaib Mohon Tunggu... Pekerja Seni

Hanya seorang kakek yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

PDIP Tidak Memerlukan Ganjar?

26 Mei 2021   07:15 Diperbarui: 26 Mei 2021   07:19 314 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PDIP Tidak Memerlukan Ganjar?
Foto: Tempo.co

Kalau melihat konflik di internal PDIP saat ini bisa dianggap Ganjar tidak diperlukan sebagai Capres PDIP pada Pilpres 2024, karena PDIP cuma mencalonkan kadernya cuma pada level Cawapres.

Konflik di internal PDIP yang terjadi dua hari terakhir kemarin sudah tidak sehat, pernyataan yang dikeluarkan Bambang Pacul semakin menyudutkan Ganjar. Sebetulnya kalau cuma mau mengusung Puan Maharani sebagai Cawapres Prabowo, tidak perlu juga menyudutkan Ganjar.

Bambang Pacul dengan blak-blakan mengatakan bahwa suksesnya Ganjar dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah, tidak terlepas dari peranan Puan Maharani. Seakan-akan Bambang ingin mengingatkan Ganjar agar tahu diri. (Kumparan

Konflik yang terjadi harusnya tidak perlu di umbar di media, itu kalau memang konflik tersebut murni karena adanya pelanggaran yang dilakukan Ganjar. Lain soal kalau konflik tersebut hanyalah bagian dari dagelan partai, yang sekadar ingin cek ombak tentang seberapa banyak dukungan terhadap Ganjar.

Ditengarai kemungkinan besar PDIP sudah mempersiapkan Puan Maharani untuk mendampingi Prabowo Subianto. Itu artinya PDIP cukup puas berada di posisi RI 2 bukan lagi RI 1. Bisa jadi ini bukan cuma isapan Jempol.

Pada kenyataannya, realitas politik bertolak belakang dengan rencana tersebut. Tanpa diduga PDIP, Ganjar yang merupakan Gubernur Jateng cukup mendapat dukungan masyarakat. Ada kesan Ganjar hanya membawa dirinya sendiri, tanpa mempedulikan partai.

Sebagai kader partai, Ganjar sudah memperlihatkan kinerjanya yang baik sebagai kepala daerah. Mungkin juga apa yang dilakukannya selama ini membuktikan dia adalah pemimpin yang selalu ada di tengah masyarakat. Meskipun aktivitasnya di media sosial pun adalah bagian dari menyapa masyarakat.

Sehebat apa pun kinerja Ganjar kalau PDIP tidak menghendakinya, tetap saja dukungan masyarakat terhadap Ganjar sebagai Capres PDIP tidak ada artinya. Tapi bukan berarti peluang Ganjar sudah habis. Masyarakat tidak peduli Puan, pendukung Ganjar lebih percaya kehendak Tuhan.

Bagi pendukung Ganjar, kalau Tuhan sudah menghendaki Ganjar tidak ada yang bisa menghalanginya. Bagi mereka kalau tidak Ganjar lebih baik tidak memilih sama sekali. Karena mereka mendukung PDIP, karena PDIP adalah partai yang mendukung Ganjar.

Ini adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap sepele oleh PDIP, biar bagaimana pun besarnya sebuah partai tidak terlepas dari dukungan masyarakat. PDIP bisa bertahan pada peringkat teratas partai politik selama 2 periode, karena mendukung Jokowi. Itu tidak bisa dinafikan begitu saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN