Mohon tunggu...
ajengdwiR
ajengdwiR Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Keajaiban ASI bagi Masa Depan si Kecil

12 November 2018   10:02 Diperbarui: 12 November 2018   10:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Keajaiban ASI bagi Masa Depan si Kecil
Netralnews.com

Seorang ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya dari segi nutrisinya ataupun keperluan hidupnya dengan harapan menjadi anak yang sehat dan cerdas. 

Adapun beberapa faktor mengoptimalkan perkembangan otak anak salah satunya yakni Air Susu Ibu (ASI). Air Susu Ibu (ASI) tak hanya membuat kenyang  si bayi tetapi juga mengandung berbagai macam kandungan yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Pemberian ASI tanpa tambahan makanan yakni ASI Eksklusif yang baik di berikan sejak bayi baru lahir umur 0-6 bulan selain itu ASI memiliki enzim pencernaan yang mana dapat memudahkan penyerapan zat gizi di dalam tubuh bayi .

Pemberian ASI untuk bayi tidak hanya baik bagi bayinya saja, tapi si ibu juga dapat keuntungan dari menyusui bayinya. Meskipun banyaknya manfaat yang ada pada ASI tapi masih ada ibu yang tidak memberikan ASI kepada bayinya. 

Biasanya dengan alasan tidak keluarnya ASI atau jika menyusui payudara yang dimiliki tidak indah lagi. Ibu biasanya menggantikan ASI nya dengan susu formula, padahal susu formula adalah pengganti yang sangat tidak baik bagi bayi. Susu formula boleh digunakan hanya saat benar-benar dibutuh kan  saja, seperti tidak dapat menyususi.

Pemberian ASI tidak hanya sampai bayi berumur 6 bulan, bayi juga masih di berikan ASI sampai umur 2 tahun dengan memberikan makanan tambahan pendamping ASI agar kebutuhan nutrisinya tepenuhi. Diusia 6 bulan keatas bayi sudah mulai diperkenalkan makanan yang bertektur yang memiliki kandungan protein,karbohidrat,vitamin dan mineral yang berguna bagi bayi seperti pisang, bayam, ayam kukus dan lain sebagainya.

Kalian tau gak sih apa aja yang terkandung didalam ASI? didalam ASI banyak mengandung antibodi yang mana antibodi tersebut dapat memberikan perlindungan pada tubuh bayi dari penyakit dan lebih dari 100 jenis zat gizi, seperti AA,DHA, Taurin, dan spingomyelin yang tidak terdapat dalam susu sapi. 

Asam amino kedua yang paling banyak di ASI adalah taurin yang mana berfungsi sebagai neurotransmiter dan penting untuk proses pematangan dan perkembangan sel otak. Jumlah DHA dan AA dalam ASI sangat mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak karena kandungan tersebut membantu pertumbuhan otak yang optimal. Selain kandungan tersebut ada juga salah satu kandungan ASI yang paling dikenal yaitu kolostrum dimana kolostrum  hanya ada  pada ASI yang baru keluar dan di dalamnya mengandung  zat kekebalan yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Setiap orang  tua pasti menginginkan anaknya tumbuh  menjadi anak yang aktif, ktreatif dan cerdas.. Oleh karena itu jika bayi tidak diberikan ASI sesuai pada saat umurnya  maka sama halnya orang  tua menyia-nyiakan nutrisi yang sangat berharga untuk anak yang mana nutrisi tersebut sangat berpengaruh  terhadap perkembaangan otak anak. Pemberian nutrisi yang cukup dan tepat untuk anak  menjadi salah satu faktor mengoptimalkan perkembangan otak anak, yang  mana akan berpengaruh pada masa depannya untuk menjadi seseorang yang siap bersaing dan sukses.  

Sekian artikel dari saya, semoga apa yang saya tulis disini dapat menjadikan suatu informasi yang bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan bagi para ibu yang sudah memiliki anak atau yang masih akan memiliki anak, dan juga bisa menjadikan suatu infromasi kepada para pembaca maupun lintas sektor yang menangani kesehatan ibu dan anak yang mana dapat memetik untuk menjadi evaluasi pada sistem management yang telah dibuat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x