Mohon tunggu...
Airani Listia
Airani Listia Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Mantan pekerja yang sedang sibuk menjadi emak-emak masa kini. Hobi menyebarkan kebaikan dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Dilema Penggunaan Bantal pada Bayi, Mana yang Terbaik?

22 November 2023   20:33 Diperbarui: 25 November 2023   07:20 711
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi bayi tidur I sumber : pexels.com/William Fortunato

Kamu termasuk tim yang mana? Apakah senang menggunakan bantal atau tidak ketika tidur?

Setiap orang bisa jadi memiliki pilihan berbeda terkait penggunaan bantal saat tidur. Sebenarnya, penggunaan bantal ini digunakan untuk menopang kepala agar otot di leher tidak tegang menurut Alodokter (22/05/2023). Lalu, bagaimana dengan penggunaan bantal pada bayi, menggunakan bantal atau tidak saat tidur, mana yang terbaik?

Saya sempat mengalami dilema mengenai penggunaan bantal pada bayi. Saya tidak pernah membiasakan anak kedua menggunakan bantal saat tidur. Penggunaan bantal peyang pun, hanya digunakan selama satu bulan pertama pasca kelahiran saja.

Hal ini terkait proses pemberian ASI eksklusif secara langsung yang saya lakukan. Saya lebih nyaman berbaring saat memberikan ASI eksklusif secara langsung di malam hari.

Ketika bayi saya menggunakan bantal, posisi akan sedikit berubah, sehingga pelekatan menjadi kurang pas. Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak memakaikan bantal pada bayi agar proses mengASIhi berjalan dengan lancar.

Namun, belum lama ini, ada beberapa pernyataan dari luar terkait ketiadaan bantal saat tidur pada bayi saya. Ada yang berkata, "Nanti dek bayi punggungnya bungkuk kalau gak pakai bantal, lho." Ada juga juga yang berkata, "bayinya gak nyaman itu kalau gak pakai bantal."

Beberapa hal yang saya dengar dari luar, justru membuat saya bertanya, apakah pilihan yang tepat membiarkan bayi saya tidak menggunakan bantal saat tidur?

Ketidaktahuan saya terhadap baik atau tidaknya penggunaan bantal untuk bayi, membuat saya penasaran mencari informasi. Dan inilah hasil informasi yang saya dapatkan terkait penggunaan bantal pada bayi!

Fakta penggunaan bantal pada bayi

Dalam hellosehat.com (13/10/2022), didapatkan fakta bahwa ketika bayi dalam masa tumbuh kembang, bayi tak memerlukan bantal saat tidur. Penggunaan bantal saat tidur dianggap membahayakan bayi karena meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi yang berusia di bawah satu tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun