Mohon tunggu...
Ainun Mirzayanti
Ainun Mirzayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Ilmu Komunikasi Universitas Lambung Mangkurat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjaga Pancasila untuk Keutuhan NKRI

24 Oktober 2021   20:51 Diperbarui: 24 Oktober 2021   21:06 70 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Illustrasi menjaga pancasila. image by:  Klikwarsa.com

Sebagai falsafah negara, Pancasila merupakan karunia yang sangat luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa. Pancasila bagaikan sebuah cahaya bagi seluruh bangsa dalam menata peradaban di masa yang akan datang. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dan juga penuh dengan kekayaan alam maupun budaya. Di Indonesia terdapat beragam suku, budaya, ras, maupun agama. 

Dengan berbagai keragaman tersebut, rasanya akan sulit bagi bangsa indonesia untuk bisa hidup berdampingan dengan berbagai macam perbedaan yang ada. Namun, Pancasila membuat kita membuka mata tentang arti dari sebuah perbedaan yang seharusnya bisa menyatukan bukan malah menjatuhkan.

Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan buah pemikiran dari para pendiri bangsa, yang diambil dari nilai nilai budaya dan sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia . Dirancang dan disusun oleh para pendiri bangsa yang berisi nilai nilai luhur untuk kehidupan berbangsa dan dapat mengayomi semua golongan masyarakat tanpa terkecuali . Dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang menjadi landasan kehidupan berbangsa sehingga menjadikan kehidupan bermasyarakat NKRI tersusun dengan baik .

Seiring berjalannya waktu, Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa indonesia kerap diuji ketahannya dengan berbagai tantangan. Berbagai macam konflik seperti konflik politik hingga sikap intoleransi dari beberapa oknum membuat nilai nilai luhur Pancasila seakan tak lagi dihiraukan. Bahkan tidak jarang ditemukan perilaku menyimpang yang melanggar nilai nilai Pancasila.

Contonya adalah perilaku tidak mengakui keberadaan Tuhan. Di masa sekarang beberapa orang dengan gamblang mengakui bahwa dirinya tidak mempercayai adanya Tuhan atau ateisme, jelas jelas perilaku tersebut merupakan penyimpangan dari nilai Pancasila sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan satu dari banyaknya perilaku menyimpang yang menjadi tantangan untuk kita sebagai bangsa Indonesia agar dapat tetap menjaga dan mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Menjaga Pancasila merupakan kewajiban seluruh bangsa Indonesia. Nilai-nilai dasar dari setiap sila dalam Pancasila memiliki makna dan peranan yang sangat penting. Oleh sebab itu perlunya menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat sangat dibutuhkan. Dengan menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara maka masyarakat Indonesia tidak akan mengalami perpecahan sehingga terciptalah kehidupan yang harmonis. Itulah alasan mengapa penting bagi kita menjaga Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan