Mohon tunggu...
Ainaya Salsabil
Ainaya Salsabil Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN MIT DR-XII Kelompok 16

Hidup Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan Bimbingan BTQ Secara Door to Door

30 Juli 2021   03:35 Diperbarui: 30 Juli 2021   03:59 59 0 0 Mohon Tunggu...

Pada umumnya,  kegiatan KKN dilakukan secara langsung dengan cara mendatangi daerah-daerah yang telah ditetapkan. Dalam proses KKN sendiri identik dengan berbagai pelaksanaan program kerja. Namun semuanya berubah setelah adanya pandemic Covid-19 yang melanda dunia diakhir tahun 2019, kita dituntut untuk menaati segala aturan pemerintah dengan cara mematuhi protokol kesehatan yang ada. 

Saat ini UIN Walisongo Semarang sedang menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN MIT DR-XII yang pelaksanaannya dilaksanakan dari rumah masing-masing. Dalam keadaan Pulau Jawa & Bali yang sedang PPKM ini, salah satu Mahasiswi KKN MIT ada yang membuat program bimbingan Baca Tulis Al-Qur'an kepada anak-anak secara door to door (dari rumah ke rumah). 

"Salah satu efek dari adanya PPKM ini adalah TPQ sekitar rumah saya menjadi ditutup. Dari situ saya muncul ide bagaimana agar meringankan beban para orang tua disekitar lingkungan rumah karena TPQ ditutup ini. Akhirnya saya memutuskan untuk memberikan bimbingan BTQ kepada adik-adik di sekitar komplek rumah secara door to door. Kegiatan pembelajaran ngaji dengan metode door to door dilaksanakan karena dalam kondisi sekarang ini, rumah ibadah dan tempat-tempat yang bersifat umum dibatasi penggunaannya. Maka dilaksanakanlah metode ini dengan mematuhi syarat dan protokol kesehatan yang sudah di anjurkan sesuai anjuran pemerintah saat ini", tutur Ainaya Salsabil Mahasiwi KKN MIT DR-XII UIN Walisongo Semarang. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan di sekitaran wilayah RT 03 RW 01 Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Dimulainya seperti TPQ pada umumnya yaitu ba'da ashar hingga jam 16.30 yang dilaksanakan seminggu 2x. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN