Mohon tunggu...
Vienna Johan
Vienna Johan Mohon Tunggu... Guru - GURU SMKN2 KAB TANGERANG

Saat kita rapuh dan terjatuh, yakinlah ada SANG MAHA KUAT yang sangat menyayangi kita sebagai umatnya oleh sebab itu sabar berusaha tawakal dan minta pada SANG MAHA HEBAT yang menciptakan bumi tanpa Pondasi, membuat langit tanpa tiang, semua tergantung pada keyakinan ada diri kita sendiri, yakin selalu ada pelangi di setiap badai

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Improving Student Listening Skill's Through The English Song's

15 Maret 2024   21:10 Diperbarui: 16 Maret 2024   10:29 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

ABSTRAK

Meningkatkan Keterampilan LISTENING siswa melalui Lagu-lagu Bahasa Inggris

( Siswa Siswi Kelas 11 Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga pada  SMKN2 Kab  Tangerang)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana lagu-lagu Bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa dan memberikan penjelasan tentang penggunaan lagu-lagu Bahasa Inggris dalam pembelajaran mendengarkan Bahasa Inggris di dalam kelas.

Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023 dan berlangsung di Siswa Siswi Kelas 11 Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga pada  SMKN 2 Kab  Tangerang, Jumlah populasi adalah delapan kelas dan peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian ini.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan empat siklus kegiatan. Setiap siklus penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah ini dilakukan secara berkelanjutan untuk mendapatkan deskripsi yang baik tentang penggunaan teknik pengajaran. 

Teknik ini dapat diterapkan dalam pembelajaran mendengarkan berikutnya di dalam kelas. Pada siklus pertama dan kedua, peneliti menggunakan diktat teks sebagai media pengajaran mendengarkan kepada siswa di dalam kelas, sedangkan pada siklus ketiga dan keempat, peneliti menggunakan lagu-lagu Bahasa Inggris sebagai media pengajaran mendengarkan.

Data dari setiap siklus berasal dari tes mendengarkan. Tes mendengarkan pada siklus I dan II menggunakan diktat teks, sedangkan pada siklus III dan IV menggunakan lagu-lagu Bahasa Inggris sebagai media. Data dari setiap siklus kemudian dihitung untuk menemukan rata-rata skor.

Dari hasil tes mendengarkan dari setiap siklus, dapat dilihat bahwa skor tes mendengarkan menggunakan media lagu-lagu Bahasa Inggris lebih baik daripada skor tes mendengarkan menggunakan diktat teks. Pada siklus I, rata-rata skor adalah 65,13 dan meningkat menjadi 66,79 pada siklus II, sedangkan pada siklus III, rata-rata skor tes mendengarkan menggunakan media lagu-lagu Bahasa Inggris adalah 73,72 dan sedikit meningkat pada siklus IV menjadi 77,95. Hal ini menyimpulkan bahwa penggunaan media lagu-lagu Bahasa Inggris dalam pengajaran mendengarkan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa karena sebagian besar siswa menyukai mendengarkan musik dan mereka dapat merasakan atmosfer yang berbeda di dalam kelas.

PENDAHULUAN

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun