Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Freelancer - Alumni UIN SGD Bandung

Warga Kabupaten Bandung. Sehari-hari beraktivitas memenuhi kebutuhan harian keluarga. Bergerak dalam literasi online melalui book reading and review (YouTube Shalawat Channel). Mohon doa agar kami sehat lahir dan batin serta dimudahkan dalam urusan rezeki.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Bakso dan Sate yang Paling Enak kini Ada di Tebet Jakarta

26 Februari 2021   11:41 Diperbarui: 26 Februari 2021   17:32 947
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kagum dan acungi jempol. Begitu ucap dalam batin saya. Apakah itu? Yakni hadirnya bakso dan sate yang paling enak di Tebet, Jakarta Selatan. Hal itu saya lihat pada fanpage Bakso Malang H Darmo dan Sate Pak Kromo, yang siang ini grand opening. Kuliner ini asalnya dari Bandung kemudian muncul di Kabupaten Sumedang. 

Izinkan saya untuk sedikit bercerita. Saya suka kuliner bakso dan sate. Tapi tidak sering. 

Di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang ada merk kuliner yang saya minati. Apakah itu? Bakso Malang Haji Darmo dan Sate Pak Kromo. 

Kedua kuliner tersebut sudah dicoba. Memang tidak semua menu. Maklum isi dompet tidak tebal. Jadi hanya kuliner yang disuka saja.

Bakso yang saya suka dari Pak Haji Darmo ialah bakso jamur, bakso goreng, mawar dan bakso urat kecil. Ada bakso lobster hanya harganya luar biasa. Kemudian bakso tulang rusuk dengan yang tebal. Istri saya suka dengan bakso ini karena bikin kenyang.

Sementara untuk sate di Pak Kromo, yang saya minat adalah ayam. Pernah juga coba sate kambing muda slip lemak. Enak. Hanya saja sesudah beres makan masih terasa lemaknya ditenggorokan. Itu karena tidak minum air hangat. Seorang teman bilang kalau makan sate, tongseng, dan gule minumnya yang pas adalah air teh panas. 

Yang belum saya coba di Pak Kromo itu sate maranggi, gule, tongseng, sop daging, dan sate kambing muda polos. Mudah-mudahan menu tersebut tercicipi pada saatnya. Atau adakah yang mau traktir? Tapi di Bandung ya, saya siap makan.

Saya ingin memberitahu saja. Beli bakso Pak Haji Darmo bisa membuat ketagihan dan ingin tambah lagi. Siapin uang yang cukup supaya terbeli bakso-bakso yang tersaji pada tempatnya. Biar tidak penasaran. 

Begitu pun satenya. Luar biasa terasa untuk lidah saya yang asli orang Sunda. Meski Pak Kromo khas Jawa, tetapi urusan makan tidak "sektarian". Selagi terjangkau harga dan bisa dinikmati kemudian tidak membuat sakit, saya langsung "hajar" saja dikunyah, santap, dan masuk perut. Enak. Itulah kata yang tepat untuk bakso dan sate yang sempat saya beli.

Terakhir sebagai pesan untuk yang suka kuliner. Kalau mau makan yang enak, kandungan gizinya terjaga dan sehat, maka jangan sembarang beli.

Oh, iya. Untuk yang tinggal di sekitaran Tebet Jakarta langsung coba saja itu Bakso Malang Haji Darmo dan Sate Pak Kromo. Biasanya pas awal buka ada diskon. Selamat kuliner.*** (ahmadsahidin)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun