Mohon tunggu...
Ahmad Jumadil
Ahmad Jumadil Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja sebagai PNS di Lingkungan KPU Kabupaten Sarolangun

Saya anak tertua dari dua bersaudara. Menjadi pelajar di Universitas Islam Bandung selama 4 tahun setengah sebelum memutuskan untuk pulang kampung dan bekerja di Jambi.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Seandainya Bekerja sebagai PNS Itu Se-Asyik Bermain Game Online

20 Desember 2021   15:30 Diperbarui: 28 Desember 2021   22:30 662 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bermain game. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Main game itu memang bikin kecanduan. Kalo saja dalam melakukan pekerjaan dilingkungan pemerintah dirancang seperti bermain game sepertinya kinerja PNS akan lebih meningkat.

Baru-baru ini isu penggantian PNS dengan robot santer kembali. Padahal isu itu sempat merebak satu tahun yang lalu. Sebagian besar PNS mungkin sangat khawatir. Pekerjaan mereka akan hilang digantikan benda mati yang tak perlu di gaji. Tapi kok bagi saya ini berita menggembirakan ya.

Alasannya, karena saya masih yakin kalau saya sebagai PNS tidak akan dipecat hanya karena kedatangan seekor robot. Memecat PNS tidaklah segampang itu. Masih banyak PNS, khususnya di daerah terpencil, yang tidak di pecat meskipun pada faktanya jarang masuk kantor.

Kehadiran robot bagi saya akan membantu saya dalam melakukan pekerjaan. Nah, karena sebagian pekerjaan telah dikerjakan oleh robot, saya bisa santai sambil bermain game online. Hehe.

Dahulu (mungkin juga sampai sekarang) PNS terkenal suka bermain game di kantornya. Hal itu disebabkan PNS tidak ada pekerjaan harian. Atau, meskipun ada pekerjaan mereka biasa bermain game sambil kerja. Ada juga yang nyambi melakukan pelayanan.

Game yang identik PNS pada zaman dulu adalah solitaire, bounce atau zuma. Namun sekarang level game di kalangan PNS sudah berubah. Sekarang PNS banyak yang suka dengan game online. Apalagi sejak game online bisa di akses di smartphone. PNS yang bermain game di smartphone jarang sekali ketahuan. Karena smartphone lebih mudah di umpetin.

***

Beberapa hari yang lalu saat jam istirahat, saya mendapati teman sedang seru-serunya bercengkrama dengan telepon seluler nya. Saat saya dekati ternyata, rekan saya yang sesama PNS ini sedang bermain mobile legend. Ternyata solitaire udah ga jaman lagi ya.

Selain mobile legend ada juga rekan yang memainkan Asphalt 9 Legend dan Higgs Domino Island. Namun begitu perlu saya klarifikasi ya, rekan-rekan yang bermain game ini melakukannya di luar jam kantor. Beneran deh.

Melihat hal itu saya menilai kinerja PNS memang masih buruk. Apalagi ditambah kecanduan game online bisa membuat kinerja PNS bertambah buruk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan