Mohon tunggu...
AHMAD IHBAL
AHMAD IHBAL Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

“Penulis profesional adalah amatir yang tidak pernah berhenti.” ~ Richard Bach

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Klasifikasi Biaya untuk Pengambilan Keputusan Manajemen

7 Desember 2021   19:54 Diperbarui: 7 Desember 2021   19:57 175 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penetapan biaya sangat penting untuk membuat keputusan manajerial. Atas dasar ini penetapan biaya dapat diklasifikasikan ke dalam jenis berikut:

Biaya marjinal adalah agregat dari biaya variabel, yaitu biaya utama ditambah overhead variabel. Biaya marjinal per unit adalah perubahan jumlah pada setiap volume output tertentu dimana biaya agregat berubah jika volume output ditambah atau dikurangi satu unit. Sistem biaya marginal didasarkan pada sistem klasifikasi biaya menjadi tetap dan variabel. Biaya tetap dikecualikan dan hanya biaya marjinal, yaitu biaya variabel yang dipertimbangkan untuk menentukan biaya produk dan inventaris barang dalam proses dan produk jadi.

  • Biaya Diferensial:

biaya diferensial adalah perubahan biaya karena perubahan aktivitas dari satu tingkat ke tingkat lainnya.

  • Biaya Peluang:

biaya peluang adalah nilai alternatif yang dihilangkan dengan mengadopsi strategi tertentu atau menggunakan sumber daya dengan cara tertentu. Ini adalah pengembalian yang diharapkan dari investasi selain yang sekarang. Ini mengacu pada biaya yang dihasilkan dari penggunaan atau penerapan bahan, tenaga kerja atau fasilitas lain dengan cara tertentu yang telah hilang karena tidak menggunakan fasilitas dengan cara yang direncanakan semula. 

Sumber daya (atau masukan) seperti manusia, bahan, pabrik dan mesin, keuangan, dll., bila digunakan dalam satu cara tertentu, menghasilkan pengembalian (atau keluaran) tertentu. 

Jika input yang sama digunakan dengan cara lain, menghasilkan pengembalian yang sama atau berbeda, pengembalian asli dari alternatif yang ditinggalkan yang tidak lagi dapat diperoleh adalah biaya peluang. Misalnya, jika deposito tetap di bank diusulkan untuk ditarik untuk membiayai proyek, biaya peluangnya adalah hilangnya bunga deposito. sama halnya ketika sebuah bangunan yang disewakan kepada suatu pihak dikosongkan untuk tujuan sendiri atau ruang kosong tidak disewakan tetapi digunakan secara internal, katakanlah, untuk perluasan program produksi, sewa yang hilang adalah biaya peluang.

  • Biaya Penggantian:

Biaya penggantian adalah biaya aset di pasar saat ini untuk tujuan penggantian. Biaya penggantian digunakan untuk menentukan waktu optimal penggantian suatu peralatan atau mesin dengan mempertimbangkan biaya pemeliharaan peralatan atau mesin yang sudah ada dan kapasitas produksinya. Ini adalah biaya di pasar saat ini untuk mengganti aset. Misalnya, ketika biaya penggantian bahan atau aset sedang dipertimbangkan, itu berarti bahwa biaya yang akan dikeluarkan jika bahan atau aset itu akan dibeli pada harga pasar saat ini dan bukan biaya yang sebenarnya dibeli sebelumnya. , harus diperhitungkan.

  • Biaya Relevan:

Biaya relevan adalah biaya yang relevan untuk tujuan atau situasi tertentu. Dalam konteks pengambilan keputusan, hanya biaya-biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan, hanya biaya-biaya tersebut yang dipertimbangkan. Karena kita hanya memperhatikan biaya masa depan saat membuat keputusan, biaya historis, kecuali jika tetap tidak berubah di periode mendatang tidak relevan dengan proses pengambilan keputusan.

  • Biaya yang Diperhitungkan:

Biaya yang diperhitungkan adalah biaya hipotetis, tidak melibatkan pengeluaran kas yang dihitung hanya untuk tujuan pengambilan keputusan. Dalam hal ini, biaya yang diperhitungkan mirip dengan biaya peluang. Bunga atas dana yang dihasilkan secara internal, pembayaran yang sebenarnya tidak dilakukan adalah contoh biaya yang diperhitungkan. Ketika proyek investasi modal alternatif sedang dipertimbangkan di mana satu atau lebih akan dibiayai dari dana internal, perlu untuk memperhitungkan bunga yang diperhitungkan atas dana sendiri sebelum keputusan diambil.

  • Biaya Tenggelam:

Sunk cost adalah biaya historis yang terjadi yang tenggelam di masa lalu dan tidak relevan dengan masalah pengambilan keputusan tertentu yang sedang dipertimbangkan. Sunk cost adalah biaya yang telah dikeluarkan untuk suatu proyek dan yang tidak akan diperoleh kembali jika proyek dihentikan. Sementara mempertimbangkan penggantian pabrik, nilai buku yang disusutkan dari aset lama tidak relevan karena jumlahnya adalah biaya hangus yang harus dihapuskan pada saat penggantian.

  • Biaya Normal & Tidak Normal:

biaya normal adalah biaya yang biasanya dikeluarkan pada tingkat output tertentu dalam kondisi di mana tingkat output tersebut tercapai. Biaya tidak normal adalah biaya yang tidak biasa yang kemunculannya biasanya tidak teratur dan tidak terduga dan karena beberapa situasi produksi yang tidak normal.

  • Biaya yang Dapat Dihindari & Biaya yang Tidak Dapat Dihindari:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan