Mohon tunggu...
Ahmad FauziHidayat
Ahmad FauziHidayat Mohon Tunggu... Freelancer

Video Editor | Sosial Media Spesialist | Multimedia Spesialist

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Online dalam Industri Media

29 April 2020   15:03 Diperbarui: 29 April 2020   15:05 119 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dekade terakhir ini telah membawa perubahan besar dalam industri komunikasi yang memungkinkan terjadinya konvergensimedia dengan menggabungkan media massa konvensional dengan teknologi komunikasi. 

Hal ini dapat terlihat pada media cetak besar yang ada di Indonesia memanfaatkan teknologi komunikasi dengan membuat portal berita online. Konvergensi media ini pula melahirkan Jurnalisme baru yaitu Jurnalisme Online.

Disamping media komunikasi yang telah terlebih dahulu akrab dan diterima khalayak seperti media cetak dan media elektronik, media online kini telah menjadi salah satu media komunikasi yang mulai mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Keberadaanya juga mulai menjadi favorit bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Media online juga berarti media massa yang tersaji secara online di situs website internet. Media online adalah media massa generasi ketiga setelah media cetak printed media koran, tabloid, majalah, buku dan media elektronik electronic media radio, televisi, dan film & video. Media 'nline merupakan produk jurnalistik online.

Jurnalistik online disebut juga cyber journalisme didefinisikan sebagai pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet. Secara teknis atau fisik media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia komputer dan internet termasuk kategori media online adalah portal, website, radio online, online streaming dan email. 

Ciri khusus Jurnalisme Online dapat dilihat dari kecepatan penyajian informasinya, dan dapat di publikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung. Sedangkan karakteristik tulisan berita biasanya berbentuk langsung pada intinya (straight news) ringkas, pendek, padat. Keunggulan yang bisa kita peroleh dari Jurnalisme online adalah akses yang disajikan dengan gratis, komunikasi yang berjalan interaktif karena kita bisa berinteraksi dengan cepat melalui fitur komentar, message, dan suara pembaca.                                                            

Mengapa Jurnalisme Online sangat penting dalam Industri Media?

 Jurnalisme online membawa nilai egaliter.                                                       

Setiap individu bebas merealisasikan sumber dayanya dari mengerahkan segala potensinya untuk menggapai semua bagian dalam menentukan jalan yang disenangi. Setiap individu bebas memanfaatkan peluang berkomunikasi dengan siapa saja untuk mewarisi peradaban dunia dengan bebas dan mengaktualisasikan dirinya.

 Jurnalisme online juga membawa nilai liberal.                                            

Dalam Jurnalisme Online sangat menjunjung tinggi adanya kebebasan berpendapat serta berkumpul dan berserikat. Menurut paham liberal, ini merupakan kebebasan asasi yang dimiliki oleh setiap manusia. Selain itu posisi antara masyarakat dan negara adalah setara, dalam artian bahwa negara tidak boleh mencampuri urusan atau kehidupan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x