Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar, merupakan kegiatan setiap manusia yang dimulai dari sejak lahir sampai meninggal, sedangkan Berbagi Ilmu, merupakan bagian dari perjuangan untuk menambah budaya membaca

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pelajaran dari peristiwa G30S/PKI untuk Generasi Milenial

30 September 2022   00:05 Diperbarui: 30 September 2022   04:53 2470 39 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera buat kita semua. 

Dengan mengucapkan Alhamdulillah hari ini masih diberikan kesempatan menulis di kompasiana.com mudah-mudahan apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk kita semua. 

Para pembaca kompasiana mudah-mudahan anda diberikan kesehatan dan diberi kemudahan dalam menjemput rizkinya masing-masing. 

Para pembaca, kali ini Penulis mengambil tema Pelajaran dari peristiwa G30S/PKI untuk Generasi Milenial.

Hari ini bertepatan dengan Tanggal 30 September 2022 ada sebuah peristiwa pada 57 tahun lalu, yang sangat menghebohkan dan mengejutkan bagi bangsa Indonesia, yaitu peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI). 

Gerakan ini telah menelan korban di kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Angkatan Darat di Jakarta sebanyak 6 perwira tinggi dan satu orang ajudan dari Jenderal A.H. Nasution. 

Setelah peristiwa tersebut terjadi aksi massa yang sangat masif di seluruh wilayah Indonesia untuk meminta dibubarkannya PKI (Partai Komunis Indonesia). 

PKI pada pemilu tahun 1955 merupakan partai peringkat ke-4 dengan demikian PKI pada tahun 1965 seharusnya mempunyai jumlah pengikut yang lebih banyak daripada tahun 1955.

Di berbagai pelosok daerah terjadi gerakan massa untuk meminta PKI (Partai Komunis Indonesia) dibubarkan. hal ini karena PKI dianggap sebagai dalang Gerakan 30 September (G30S).

Dari peristiwa G30S/PKI maka bangsa Indonesia harus mengambil hikmah/pelajaran dari peristiwa tersebut, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan