Mohon tunggu...
Ahmad Bashir
Ahmad Bashir Mohon Tunggu... -

Guru Matematika di MTs Al-Hidayah Sangiang Jaya Kota Tangerang Banten

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sebuah Refleksi Pembuatan Pertanyaan Efektif

1 September 2014   16:20 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:55 507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1409537841692295541

SEBUAH REFLEKSI PEMBUATAN PERTANYAAN EFEKTIF

Oleh

Ahmad Bashir,S.Pd

Pada pertemuan DOL 2014 P4TK Matematika sesi ke dua ini pembelajaran terdiri dari dari beberapa ativitas pembelajaran ; aktivitas 2.1 membahastentang Pengenalan Pertanyaan Efektif yang meliputi Tujuan Bertanya,Karakteristik Pertanyaan Efektif, Pantangan dan anjuran dalam bertanya,teknik bertanya yang efektif, aktivitas 2.2pembuatan pertanyaan efektif,aktivitas 2.3 pengamatan video pembelajaran

Namun pada artikel ini mungkin hanya Aktivitas 2.1 dan 2.2 yang menjadi urgen pembicaraan artikel ini, Pembahasan seputar pengenalan Pertanyaan Efektif,bagaimana sebuah pembelajaran menjadi efektif ,bagaimana seorang guru mengtahui bahwa pertanyaannya adalah sebuah pertanyaan efektif,bagaima tekni-teknik yang harus ia buat dalam membuat pertanyaann efektif,karena itu dalam sesi aktivitas 2.1 dan 2.2 ini,akan saya jelaskan secara singkat apa yang sudah dipelajari dan di diskusikan baik dalam diskusi keolompok maupun diskusi kelas.

Pengenalan Pertanyaan Efektif.

Pertanyaan Efektif menduduki posisi terpenting dalam sebuah pembelajaran,pertanyaan yang di susun dengan baik,dekelola dengan baik disampaikan dengan teknik yang tepat kepada siswa akan manjadikan suasana pembelajaran yang efektif dan memungkinkan siswa untuk belajar keterampilan spesifik,ilmu pengetahuan,dan sikap serta yang membuat siswa senang (Dick & Reiser,1989)

Sementara apa jadinya sebuah pembelajaran yang hanya disampaikan dalam bentuk pertanyaan yang serampangan dan pertanyaan standar saja,diperparah jika sebuah pembelajaran tanpa sebuah pertanyaan.karena itu perlu dipelajari oleh kita semua selaku guru

1.Tujuan Bertanya

a)Menelaah dan Merangkum pembelajaran sebelumnya

b)Mendorong dan Melibatkan siswa berpikir matematis

c)Menilai kesiapan siswa

d)Mengecek pekerjaan Rumah atau tugas kelas dan pemahaman siswa

e)Memfokuskan perhatian siswa pada materi tertentu

f)Menilai ketercapaian tujuan pembelajaran atau sebagai asesmen formatif

g)Mendiagnosis kesulitan siswa

h)Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap inkuiri

i)Memancing siswa untuk mengemukakan pendapatnya sendiri

j)Memberi kepada siswa mendengar penjelasan yang berbeda dari siswa lainnya

k)Membantu guru menentukan laju pelajarannya dan untuk mengendalikan perilaku siswa

2.Karakteristik Pertanyaan efektif

a)Menuntut siswa berpikir,tidak sekedar mengikat dan menyebutkan

b)Bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open ended

c)Memungkinkan jawaban yang beragam

d)Memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut

3.Pantangan anjuran dalam bertanya

a)Hindari pertanyaan tertutup,hanya memungkin jawaban tunggal

b)Hindari pertanyaan yang memandu siswa pada jawaban,seharusnya beri pertanyaan yang menuntun siswa berpikir

c)Hindari pertanyaan hanya terpusat kepada guru,padahal berikanlah arahan pertanyaan yang siswa itu sendiri yang punya kepentingan dalam pertanyaan tersebut

d)Hindari menyebutkan bahwa pertanyaan ini mudah atau sulit

e)Janganlah guru memberikan pertanyaan kepada siswa guru sendiri juga yang menjawabnya

f)Hindari mengatakan salah pada jawaban siswa,seharus katakalah kurang tepat

4.Teknik bertanya yang efektif

a)Bekerja Mundur (Back Ward Methode)

Langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buatlah pertanyaan tertutup

Langkah 2: Temukan jawabannya

Langkah 3: Susun Pertanyaan tertutup

b)Mengadaptasi pertanyaan standar

Langkah-langkahnya:

Langkah 1: Temuka soal atau pertanyaan standar

Lanhkah 2: Modifikasi pertanyaan tersebut hingga bersifat

open ended dann jawaban beragam

Dari ringkasan aktivitas 2.1contoh-contoh di jelaskan dalam diskusi kelas maupun diskusi kelompok pada aktivitas 2.2 dan aktivitas 2.3

Pada aktivitas 2.2 Pembuatan Pertanyaan Efektif

Contoh: diberikan oleh fasilitator

Perhatikan gambar persegipanjang berikut!

P= 8 cm

l = 4 cm

Diskusikan dalam kelompok untuk menentukan dua pertanyaan terbuka (open-ended) terkait gambar tersebut.Tuliskan dua pertanyaan tersebut beserta tujuan pertanyaan, karakteristik pertanyaan efektif yang dipenuhi, dan metode pembuatannya.

Beberapa pertanyaan Hasil diskusi Kelompok1

Pak Agus Nana Nuryana


  1. Panjang diagonal bidang pada peregi panjang yang memiliki panjang 8 cm dan lebar 4 cm adalah….
  2. Jika persegipanjang tersebut dilipat berdasarkan garis diagonalnya, maka akan terbentuk dua bangun datar, coba jelaskan karakteristik dari dua bangun datar tersebut!

Pak Ahmad Bashir, S.Pd.

Usulan pertanyaan Open Ended dari saya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun