Mohon tunggu...
Ahmad NurUbaidah
Ahmad NurUbaidah Mohon Tunggu... Penulis - Blogger and Writer

Saya adalah seorang blogger dan writer dengan tujuan untuk berbagi informasi serta pengetahuan kepada masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Berbagai Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkunjung ke Jepang

7 Oktober 2020   17:08 Diperbarui: 7 Oktober 2020   17:18 216 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagai Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkunjung ke Jepang
Photo by Tianshu Liu on Unsplash 

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Peribahasa ini mempunyai arti bahwa dimana kamu tinggal, maka terdapat aturan serta tata krama yang perlu kamu patuhi. Hal ini juga berlaku saat kamu berkunjung ke suatu negara atau wilayah. Salah satunya adalah Jepang.

Jepang merupakan salah satu negara yang mempunyai aturan tersendiri demi menjaga etika serta norma-norma yang berlaku di masyarakatnya. Nah, sebelum Anda berkunjung ke Jepang, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berkunjung ke jepang, antara lain yaitu:

Awasebashi

Awasebashi merupakan kegiatan memberikan makanan kepada orang lain atau pasangan menggunakan sumpit. Hal ini sangat tabu untuk dilakukan di negeri sakura tersebut, sebab hal tersebut dianggap membawa kesialan karena mirip seperti yang dilakukan ketika ada tradisi kremasi, dimana tulang yang tersisa dari abu kremasi tersebut akan dioper kepada anggota keluarga yang lain menggunakan sumpit.

Memetik Bunga Sakura

Bunga sakura merupakan salah satu bunga kebanggaan Jepang dan dianggap istimewa karena usianya yang pendek dan hanya mekar di musim tertentu saja. Karena hal itulah, membuat bunga berwarna merah muda sangat dikagumi oleh masyarakat Jepang. Jadi, jika kamu sedang berkunjung ke Jepang, maka jangan sekali-kali untuk memetik bunga tersebut langsung dari tangkainya. Sebaiknya kamu mengambil bunga sakura yang telah berguguran di bawah pohonnya saja.

Memberikan Uang Tip di Restoran

Pada umumnya, memberikan uang tip kepada pelayan restoran sebagai tanda terima kasih merupakan hal yang lumrah. Namun, hal ini tidak berlaku di Jepang sebab pemberian uang tip kepada pelayan restoran dikategorikan sebagai salah satu bentuk penghinaan.  Sebab di Jepang, memberikan pelayanan yang terbaik merupakan suatu kewajiban agar para pelanggan merasa senang hingga akhirnya kembali ke restoran tersebut.

Tidak Membungkuk Saat Bertemu Orang Lain

Sejak dahulu, masyarakat Jepang telah lama dikenal mempunyai rasa hormat yang tinggi terhadap orang lain. Hal ini ditunjukkan saat bertemu orang lain dengan cara membungkukkan badannya atau dikenal dengan sebutan ojigi. Membungkukkan badan bagi masyarakat Jepang melambangkan sikap saling menghormati dan segan, serta merupakan salah satu tata krama dalam kehidupan di Jepang.

Karena itu, jika kamu sedang berkunjung ke negeri sakura tersebut dan bertemu dengan orang lain, maka jangan sampai tidak membungkuk. Sebab, hal ini akan membuat kau dinilai sombong dan tidak sopan.

Mengotori Tempat Pemandian Air Panas

Hal lain yang tidak boleh kamu lakukan selama berada di Jepang adalah tidak mengotori onsen. Onsen sendiri merupakan sebuah tempat pemandian air panas alami atau yang biasa disebut tempat pemandian air panas umum. Di onsen, kamu diwajibkan untuk melepas semua pakaian dan membersihkan diri menggunakan sabun sebelum masuk ke dalam pemandian air panas tersebut.

Hal ini karena bukan hanya kamu saja yang berendam di dalam pemandian air panas tersebut sehingga perlu juga untuk membersihkan diri sebelum berendam di dalamnya.

Sebelum Menenggak Minuman Mengatakan Kanpai!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN