Mohon tunggu...
Ahmad Sunandar
Ahmad Sunandar Mohon Tunggu... Dosen - Enjoy every time

sekarang saya bekerja sebagai pengajar di salah satu perguruan tinggi di kota Surakarta. Selain mengajar, saya suka melakukan penelitian dan penulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tips Menjadi Siswa Aktif Walaupun Pembelajaran Melalui Daring

5 Juli 2021   14:48 Diperbarui: 5 Juli 2021   15:46 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber gambar: geotimes.id)

Sejak pandemi covid-19 menyebar diseluruh wilayah Indonesia, seluruh kegiatan baik dalam dunia pendidikan, pemerintahan, ekonomi, dan pariwisata sangat berpengaruh dampaknya. Salah satunya bagi kalangan mahasiswa. Dalam masa pandemi, pembelajaran secara daring menjadi salah satu alternatif dalam dunia perkuliahan.

Hal ini memaksa mahasiswa harus melakukan kuliah secara daring dalam waktu yang cukup lama. Meskipun banyak mahasiswa yag mengeluhkan jika kuliah daring tidak efektif dilakukan, apalagi terdapat beberapa mata kuliah praktik.

Meskipun demikian, kalian harus tetap menjadi mahasiswa yang aktif dan kuliah kalian menjadi lebih efektif meskipun dilakukan secara daring. Nah berikut ini beberapa tips menjadi mahasiswa aktif di tengah kuliah daring yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan efektif.

1. Buat daily-reminder untuk kegiatan saat perkuliahan online.

Membuat jadwal kegiatan selama mengikuti pembelajaran daring ternyata sangat membantu kita lho! Hal ini dapat memudahkan kita dalam mengelola waktu dan mengikuti jadwal mata kuliah.

2. Selalu ON-CAM ketika mengikuti pembelajaran menggunakan Zoom, Google Meet, atau yang lainnya.

Menyalakan kamera saat pembelajaran daring membuat dosen lebih santai dalam menjelaskan materi, karena dosen akan melihat kita berada di tempat dan dapat mengikuti perkuliahan dengan baik.

3. Mendengarkan dan mencatat materi atau poin-poin penting yang disampaikan oleh dosen.

(digstraksi.com)
(digstraksi.com)

Selama perkuliahan berlangsung, jangan lupa untuk membuat notes bagian-bagian pokok yang disampaikan. Hal ini dapat membantu kita untuk mengingat apa yang telah disampaikan oleh dosen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun