Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Penulis - Praktisi Pendidikan, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung- Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

Membaca dan Menulis Dengan Moto Belajar dan Mengabdi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Guru Profesional dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Digital: Implemetasi Kurikulum Merdeka Menuju Indonesia Emas 2045

13 Mei 2024   22:28 Diperbarui: 13 Mei 2024   22:36 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: SMPN 8 Solo terdia dalam smpn8solo.sch.id

Peran Guru Profesional dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Digital: Implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar Menuju Indonesia Emas 2045

Oleh: Ahmad Rusdiana

Kemajuan teknologi yang berdampak pada aspek pendidikan tidak dapat terlepas dari peran seorang guru. Di era digital saat ini, guru dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan dalam merancang serta menyiapkan metode pembelajaran yang berkualitas tinggi berbasis teknologi pendidikan yang diwujudkan dalam proses pengajaran yang mampu meningkatkan mutu peserta didik.

Selain itu, tugas seorang guru professional tidak hanya sebagai penyaji informasi akan tetapi guru juga harus mampu berperan sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing yang memberikan arahan serta kesempatan kepada peserta didik dalam mengeksplore kemampuan belajarnya dalam mencari dan mengolah informasi belajar dengan sendiri. 

Oleh karena itu, guru harus bisa memanfaatkan ketersediaan informasi teknologi dalam menambah wawasan serta skill dalam merancang dan menyediakan metode yang kreatif dan bervariatif, agar dapat mendorong peserta didik lebih aktif dan mampu berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan suatu pembelajaran.


Dalam menghadapi perbaikan mutu pendidikan di era digital, peran guru sangat dibutuhkan. Akan tetapi pada pelaksaannya guru menghadapi beberapa tantangan dalam dunia pendidikan di era digital, seperti: pekembangan teknologi dan informasi berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat. Kemudian, perkembangan teknologi juga berdampak pada tingkah laku, moral serta adab yang semakin mengalami penurunan. 

Selanjutnya di era digital saat ini tingkat kriminalitas, kekerasan, serta jumlah pengangguran dan kemiskinan semakin meningkat. Situasi seperti ini, tentunya membutuhkan peran guru yang berkompeten dalam rangka membekali peserta didiknya dengan kemampuan agar peserta didiknya mampu menghadapi dan melawan arus yang sedang terjadi dan terus berubah di era digital ini.

Dalam menghadapi perbaikan mutu pendidikan di era digital, guru memiliki peran yang sangat penting. Berikut adalah upaya-upaya yang ditempuh oleh guru dalam menghadapi arus teknologi dalam dunia pendidikan, yang dapat dikaitkan dengan konteks guru profesional dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar:

Pertama: Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Guru harus mampu menguasai ilmu pengetahuan, informasi, dan teknologi yang relevan dengan pembelajaran. Ini mencakup pemahaman mendalam tentang penggunaan perangkat lunak, aplikasi, platform pembelajaran daring, serta kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam proses pembelajaran secara efektif. Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar memberikan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan keterampilan teknologi mereka melalui pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dan inovatif.

Kedua: Menjadi Teladan bagi Peserta Didik: Guru bukan hanya menjadi penyaji informasi, tetapi juga menjadi contoh dan teladan bagi peserta didiknya. Dalam era digital ini, di mana informasi mudah diakses secara daring, guru memiliki tanggung jawab untuk membimbing peserta didik dalam menggunakan teknologi secara bijaksana dan etis. Guru perlu menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral, etika, dan budaya yang diinginkan, sehingga dapat membentuk karakter dan kepribadian yang positif pada peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun