Mohon tunggu...
AGUS WAHYUDI
AGUS WAHYUDI Mohon Tunggu... Jurnalis - setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

Jurnalis, pecinta travelling dan buku l Bekerja di Enciety Business Consult l Nomine Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menikmati Jogja di Low Season

7 November 2022   12:41 Diperbarui: 7 November 2022   21:36 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gondola di Pantai Timang yang bikit jantung deg-degan. foto: dok/pribadi

Sengaja datang ke Jogjakarta di hari kerja. Di luar Sabtu dan Minggu. Begitu yang kami lakukan pekan ini. Bepergian bareng istri dan dua anak lelaki saya. Kami bertamasya, mengunjungi spot-spot wisata di Kota Gudeg. Tentu juga dengan kulinernya.

Ada tiga alasan kenapa memilih berlibur di hari efektif. Pertama, terkait masalah cuti. Tidak mudah mengambil cuti mendadak. Terutama jadwal kerja istri yang bertugas sebagai tenaga medis di puskesmas.

Hari Sabtu, istri masih bekerja. Yang sering memenuhi agenda vaksinasi yang cukup padat. Selain diburu target, lokasinya juga berpindah-pindah. Dari mal hingga ke kampung-kampung. Belum yang massal di ruang terbuka.

Kedua, tidak ingin terjebak macet dan antrean pengunjung. Hari Sabtu dan Minggu Jogja pasti padat. Banyak kunjungan wisatawan, baik domestik maupun dari mancanegara. Pemandangan itu terjadi sejak dulu hingga kini.

Tidak mudah mendapat hotel dan penginapan yang bagus dan representatif di Jogja pada Sabtu-Minggu. Harus booking jauh-jauh hari. Atau juga penginapan yang agak jauh dari pusat kota.

Ketiga, bisa mengeksplor objek-objek wisata. Jujur, setiap berkunjung ke Jogja, kami tidak banyak waktu menikmati spot-spot wisata yang menjadi rujukan banyak orang.

Pantai Timang dengan ombak ganas. foto: dok/pribadi
Pantai Timang dengan ombak ganas. foto: dok/pribadi

Pernah suatu hari, kami pelesir sekeluarga ke Jogja. Kala itu jalan tol belum dibangun. Kami menyewa mobil plus sopir dari Surabaya. Pikiran kami dengan membawa mobil sendiri bisa leluasa menjelajahi objek-objek wisata.

Kami berangkat ke Jogja hari Jumat, kemudian balik ke Surabaya hari Minggu. Perjalanan Surabaya ke Jogja waktu itu butuh 11-12 jam. Tidak seperti sekarang, Surabaya-Jogja hanya butuh waktu 4 jam lewat tol. Waktu yang sama juga bisa ditempuh dengan jalur kereta api.

Perjalanan berasa panjang. Sore berangkat, tiba di Jogja dinihari. Tidur tak lebih 5 jam di penginapan. Praktis, kami hanya punya waktu sehari full untuk mengunjungi objek-objek wisata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun