Mohon tunggu...
Agustya Intansari
Agustya Intansari Mohon Tunggu... -

mahasiswa PGMI UIN MALANG

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ketrampilan Dalam Manajemen Strategi PAUD

19 Juni 2014   19:38 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:07 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Manajemen strategi PAUD yang terdiri dari kelembagaan, metode pengajaran dankurikulum serta ketrampilan dan pelatihan adalah hal-hal yang harus dipahamibaik secara teoritis dan praktis, oleh pengelola PAUD dan orang-orang yan terkait di dalamnya.Selain itu juga dibutuhkanketrampilan-ketrampilan seorang guru dalam melakukan pembelajaran,sehingga anak didiknya menjadi terampil. Keterampilan yang seharusnya dikuasai anak-anak peserta PAUD adalah keterampilan melukis, menggambar, memainkan permainan edukatif, mengenalikemampuan terbesarnya dan lain-lain dengan latihan intensif.

Keterampilan-keterampilan ini bisa berkembang sesuai dengan perkembangan potensi anak didik yang ada, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pesatnya gelombanginformasi yang berjalan secara efektif. Dalam konteks ini, guru berperan aktif mengembangkan ketrampilan anak didik secara maksimal,mempunyai tips-tips dengan bakat dan minatnya.Fisilitas, sarana prasarana dan perangkat yang lain harus disiapkan demi suksesnya pendidikan keterampilan anak usia dini. Dengan sarana prasarana yang memadai,anak akan tertarik untuk mencoba sampai bisa, mengingat watak dasar anak adalahmeniru dan melakukan apa saja yang disenanginya. Salah satu keterampilan yangseharusnya dikuasai anak usia dini adalah keterampilan musik yang membangun jiwa,emosi, spiritual dan sosial bukan yang merusak.Menurut Sugiman, beberapa psikolog melihat bahwa pengaruh positf musik padamanusia tidak semudah analogi obat atas penyakit tertentu.

Dr Alexandra Lemont(2000), pakar psikologi musik dari Universitas Keele di Inggris mengatakan tidak ada bukti yang menyatakan bahwa hanya dengan mendengarkan musik dapatmemberikan pengaruh pada kecerdasan maupun emosi anak.Beberapa fakta menunjukkan bahwa keterlibatan aktif dengan musikal lah yangmenyebabkan musik mempunyai pengaruh positif bagi manusia. Aktif di sini tidak hanya bermakna fisikal atau motorik tetapi juga secara mental, emosional dan spiritual. Memberi makna dan nilai musik sebagai suatu hal yang berharga, bermanfaat dan menyenangkan. Musik tidak sekedar dipandang sebagai suaturangkaian bunyi yang harus dimainkan atau didengarkan namun juga rangkaian bunyi indah yang jika disimak lebih mendalam bisa menyampaikan sesuatu yang berharga kepada seseorang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun