Mohon tunggu...
Agustya Puji S
Agustya Puji S Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa KKN Reguler DR 75 UIN WALISONGO SEMARANG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dinamika Pelaksanaan KKN Reguler DR ke 75 UIN Walisongo Semarang Bagi Mahasiswa

23 November 2020   05:55 Diperbarui: 23 November 2020   06:02 5 1 0 Mohon Tunggu...

KKN atau kuliah kerja nyata merupakan salah satu kegiatan wajib untuk mahasiswa sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Namun, bentuk kegiatan KKN pada tahun ini sedikit berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19 di masa sekarang ini. Pelaksanaan program KKN pada tahun ini dilakukan dari tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan bersifat individual. Sementara itu, banyak mahasiswa yang merasa jika pelaksanaan KKN RDR yang bersifat individu ini sangat memberatkan. Alasan ini diungkapkan oleh mahasiswa bernama Yolla, peserta KKN RDR 75 UIN Walisongo yang berasal dari Padang.

"KKN RDR kali ini sedikit menyulitkan bagi mahasiswa karena mahasiswa dituntut untuk menjadi 'seperti' konten creator, karena saya pun belum pernah menggunakan aplikasi editing video dan lain lain, begitu juga teman-teman saya lainnya" ungkapnya.
Akan tetapi, melalui KKN dari rumah ini juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Mahasiswa bisa belajar dan memanfaatkan teknologi canggih yang ada untuk membantu terlaksananya KKN. "Alhamdulillah, karena KKN reguler ini saya bisa belajar dan mempunyai sedikit bakat menjadi konten creator meskipun pemula" tambahnya.

Meskipun KKN pada kali ini banyak proker yang dibatasi dan tidak bisa terjun secara langsung ke masyarakat, tetapi mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan secara online dengan memanfaatkan berbagai platform sosial media dan melakukan produktivitas lainnya dengan cara penulisan artikel opini, berita online, pembuatan video dan lain-lain. Harapannya, meskipun penyampaian kegiatannya kebanyakan disosialisasikan secara online, tetapi bisa memberi pengaruh baik kepada seluruh lapisan masyarakat melalui media sosial yang dibagikan oleh peserta KKN.

Penulis : Yola

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x