Mohon tunggu...
Agustinus Marjito
Agustinus Marjito Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah seorang pendidik sekolah dasar dan memiliki kecintaan pada dunia pendidikan anak-anak.

Praktisi pendidikan Dasar di Yogyakarta. Menempuh pendidikan di De Lasalle University Manila, Philipine dengan fokus Management Pendidikan dan kepemimpinan sekolah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Semangat Nasionalisme dalam Perayaan Hari Kemerdekaan

16 Agustus 2022   14:37 Diperbarui: 16 Agustus 2022   15:20 373 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Beberapa hari menjelang  perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 77 terasa sangat meriah setelah beberapa saat terhenti oleh pandemi covid-19. Masyarakat umum, warga sekolah semuanya berupaya mengungkapkan kegembiraan atas  Hari Kemerdekaan RI ini dalam beragam kegiatan seperti lomba-lomba yang bertujuan semakin menyatukan dan mendekatkan diri satu sama lain, menghilangkan sekat-sekat dalam kehidupan sosial; yang akhirnya akan memperkuat tatanan kehidupan sosial dalam masyarakat Indonesia. 

Di lingkungan SD Pangudi Luhur Yogyakarta, kegiatan serupa dilaksanakan sebagai wujud syukur terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana menumbuhkan nasionalisme anak-anak; semakin mencintai negara Kesatuan Republik Indonesia. Lewat kegiatan ini penumbuhan karakter sebagai anak-anak dapat dilakukan.

Penanaman rasa cinta tanah air sangat dibutuhkan di tengah-tengah krisis yang sekarang ini gejala-gejalanya mulai muncul dengan adanya kelompok-kelompok yang anti pada Pancasila sebagai dasar negara; dengan adanya kelompok-kelompok yang secara tegas menolak Pancasila. Munculnya berbagai tantangan untuk memelihara NKRI, menjadi keprihatinan kita bersama. Maka melalui kegiatan-kegiatan menjelang 17 Agustus 2022 ini, kami mengajak anak-anak untuk makin membatinkan nilai-nilai kebangsaan Indonesia melalui berbagai lomba. 

perayaan-17-agustus-62fb49203555e44bc546d302.jpeg
perayaan-17-agustus-62fb49203555e44bc546d302.jpeg

(dokpri)

Lomba tersebut antara lain lomba Menyanyi lagi-lagu nasional dan lomba menyerukan yel-yel; lomba menancapkan bendera merah putih, lomba ketangkasan memasukkan bola secara berkelompok dan memasukkan paku ke dalam botol secara berkelompok.  Lomba-lomba sederhana digunakan sebagai sarana untuk menebalkan rasa nasionalisme anak-anak yang masih kecil-kecil ini agar di masa yang akan datang jadilah remaja dan orang dewasa yang siap untuk berkontribusi membangun negara Kesatuan Repulik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Masa kanak-kanak menjadi waktu yang sangat baik bagi tumbuh kembangnya  karakter yang diharapkan dalam Profile Pelajar Pancasila yakni berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Selamat Hari Ulang Tahun kemerdekaan ke 77, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan