Mohon tunggu...
Agustina Purwantini
Agustina Purwantini Mohon Tunggu... Administrasi - Kerja di dunia penerbitan dan dunia lain yang terkait dengan aktivitas tulis-menulis

Founder #purapurajogging

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Rupanya Saya Punya Empat Sertifikat Penataran P4

9 Juni 2021   22:08 Diperbarui: 9 Juni 2021   22:12 626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ternyata generasi P4 bukanlah generasi terbaik dalam hal pelaksanaan/pengamalan Pancasila beserta butir-butirnya. Terbukti, sampai sekarang koruptor dan pejabat yang tak amanah tidak kurang-kurang jumlahnya. Sementara mayoritas pemegang tampuk kekuasaan saat ini berasal dari generasi P4. 

Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa sejak SD, mereka telah khatam menghafalkan Pancasila beserta sekian banyak butirnya. Tentu melalui mata pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) dan materi tambahan khusus tentang P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). 

Pastinya pula telah puas mengikuti penataran P4 yang berdurasi ratusan jam. Ratusan jam? Really? Iya, dong. Mereka yang sejak masuk SMP sudah mengikuti penataran P4, dapat dipastikan termasuk ke dalam golongan ini. 

Agar sahih, mari hitung bersama-sama. Saat masuk SMP wajib ikut penataran P4 pola 45 jam. Demikian pula saat masuk SMA. Kalau lanjut kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), wajib ikut penataran P4 pola 45 jam. Jika kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), polanya malah 100 jam.

Jadi seorang WNI yang menempuh pendidikan formal SMP, SMA, dan PTS berarti telah mengikuti penataran P4 selama 3 x 45 jam = 135 jam. Kalau kuliahnya di PTN berarti 2x 45 jam plus 100 jam (total 190 jam).

Akan tetapi, berhubung saya pernah kuliah setahun di PTS sebelum diterima PTN, total keikutsertaan saya dalam penataran P4 tentu lebih banyak lagi. Mencapai 3x 45 jam plus 100 jam. Berarti 235 jam. 

Iya, sih. Saya memang punya empat sertifikat penataran P4. Terlalu akrab dengan P4 'kan saya? Itu pun masih ditambah dengan pengalaman menjadi wakil sekolah (saat SD) untuk lomba cerdas cermat P4. Plus asupan reguler dari mata pelajaran yang disebut PMP.

Namanya juga lomba. Pastilah sebelum maju di hari H, ada latihan-latihannya. Alhasil, saya dan dua kawan setim sekeras mungkin berusaha menghafalkan ke-36 butir Pancasila. 

Kalau ditanya, apakah saya mampu menghafal dengan baik butir-butir Pancasila tersebut? Jawabannya tentu tidak. Waktu itu hafalnya sebagian besar saja. Adapun sekarang malah tak hafal sama sekali. Hehehe ....

Namun, tenang saja. Fakta membuktikan bahwa Pancasila tak ada gunanya jika sekadar dihafalkan tanpa dihayati, apalagi tanpa diamalkan sama sekali. Sementara dalam keseharian, saya bisa dikatakan selalu bersikap Pancasilais.

Jangan suuzon. Kelihatannya saya memang tengah memuji diri sendiri. Namun ketahuilah, apa yang saya sampaikan sesungguhnya kenyataan. Bukan pujian kosong. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun