Mohon tunggu...
Agustina Purwantini
Agustina Purwantini Mohon Tunggu... Sang Pembelajar

Pengelola www.tinbejogja.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Fakta Seru yang Bikin Saya Memfavoritkan Masjid Gedhe Kauman

30 April 2021   23:06 Diperbarui: 30 April 2021   23:09 316 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Fakta Seru yang Bikin Saya Memfavoritkan Masjid Gedhe Kauman
Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta tampak depan (Dokpri)

Jika ditanya masjid favorit, serta-merta saya bakalan menjawab Masjid Gedhe Kauman. Lain perkara jika pertanyaan dilanjutkan dengan, "Alasanmu menjadikan Masjid Gedhe Kauman favorit itu apa?"

Iya. Saya bingung untuk menentukan, hal apa yang paling bikin saya jatuh cinta pada Masjid Gedhe Kauman. Alhasil setelah saya renungkan dalam-dalam, ternyata memang tak hanya satu hal yang menjadi alasan.

Tak tanggung-tanggung, rupanya ada 5 hal yang bikin saya memfavoritkan masjid bersejarah tersebut. Berikut penjelasannya.

1. Lokasinya strategis

Masjid Gede Kauman terletak di Kampung Kauman, Ngupasan, Yogyakarta. Tepat di sebelah barat alun-alun utara. Tak jauh dari Titik Nol dan Kraton Yogyakarta (sesungguhnya memang merupakan bagian dari Kraton Yogyakarta).

Lokasi yang strategis di tengah kota itu otomatis membuatnya mudah dicari dan dijangkau. Posisi begini jelas membahagiakan saya yang merupakan pengguna moda transportasi umum.

Uniknya, banyak orang (termasuk orang Yogyakarta asli) yang tidak ngeh keberadaannya. Terlebih jika orang yang bersangkutan buta sejarah. Sayang banget 'kan ya?

2. Nyaman dijadikan tikum dan tempat untuk menyambut tamu dari luar kota

Karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau, saya dan kawan-kawan sering menjadikan Masjid Gedhe Kauman sebagai titik kumpul (tikum) jika kami hendak ketemuan. Serambi masjid yang luas dan adem menjadi spot pilihan bila kami memang berniat menghabiskan waktu di situ. Sudahlah. Pokoknya kalau sudah lesehan di serambi itu, apalagi pada siang hari yang terik, malas banget untuk beranjak ke tempat tujuan lain. Sudah PW; posisi wuenak.

Bila niat ketemuannya bukan untuk ngumpul-ngumpul di situ, kami akan memilih spot lain di luar bangunan sebagai tempat menunggu kawan. Pelataran komplek Masjid Gedhe Kauman amat luas. Jadi, ada banyak pilihan spot yang bisa kita pilih.

Tentu bisa sembari pepotoan dengan latar belakang bangunan-bangunan heritage. Perlu diketahui, Masjid Gedhe Kauman adalah sebuah bangunan cagar budaya. Sudah barang tentu di tiap sudutnya banyak pernak-pernik unik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN