Regional

Inilah Daerah Saya,Tempat Saya Lahir dan Dibesarkan.

10 September 2017   08:19 Diperbarui: 10 September 2017   09:24 416 0 0

"Berbeda beda tetap satu jua"itulah slogan yang saat ini ingin saya sampaikan kepada seluruh elemen dan lapisan masyarakat.apa sebenarnya arti dari kalimat tersebut?
Terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010 dan ada 17.504 pulau yang tersebar dari ujung barat ke ujung timur, dari ujung selatan ke ujung utara.
muncul satu pertanyaan yang menarik kemudian?
dari ratusan kelompok dan ribuan suku yang ada saat ini,apakah kita dapat memilih lalu menentukan bahwa saya harus terlahir dari suku jawa dan kamu orang papua tidak berhak untuk memiliki kehidupan di pulau jawa sebagai tempat kedudukan suku saya.Boaz salosa tidak pernah memilih terlahir menjadi seorang papua,Namun setelah lahir dia harus menunjukan dan melanjutkan hidup sebagai seorang papua yang hitam kulit keriting rambut,Boaz juga papua.
Tidak ada perlombaan antar suku disini,bahwa suku bugis lebih baik dari suku banjar misalnya.kemudian mungkin suku jawa lebih hebat dan besar dari suku sunda.itu hanya menimbulkan keegoisan dan keangkuhan bagi mereka yang selalu merasa diri berasal dari suku dan kelompok terbaik.Persatuan dan kesatuan tetap harus kita junjung tinggi bahwa kita bermacam dan beragam Suku,Agama,Ras dan Kelompok.bagaimana keberagaman ini bisa kita improv menjadi suatu kekuatan yang menyatukan dan memberikan energi positive bagi kemajuan dan perkembangan anak cucu bangsa.
pada akhirnya semua bangga terlahir dari suku yang berbeda karena disitu mereka bisa menampilkan panggung kekayaan Nusantara yang sesungguhnya.