Mohon tunggu...
agus siswanto
agus siswanto Mohon Tunggu... Guru - tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Guru Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala AFF 2024: Ironis, Timnas Vietnam Tidak Dijagokan oleh Pengamat

24 Mei 2024   09:43 Diperbarui: 24 Mei 2024   09:53 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Vietnam saat hadapi Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Sumber gambar: the-afc.com)

Sejalan dengan hasil drawing Piala AFF 2024, peluang timnas Vietnam banyak menjadi pembicaraan di mana-mana. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kondisi Vietnam sendiri saat ini pasca tergusur dari posisinya sebagai Raja ASEAN.

Ada dua hal yang membuat kondisi timnas Vietnam terpuruk. Pertama, kegagalan dalam meraih 2 tropi kelas ASEAN. Tropi Piala AFF 2022 jatuh ke tangan Thailand, sedangkan tropi SEA Games ke-32 tahun 2023 menjadi milik Indonesia.

Kekalahan menyakitkan dari Indonesia secara beruntun. Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong tidak tanggung-tanggung mengalahkan Vietnam 3 kali berturut-turut.

Kekalahan pertama dalam ajang Piala Asia 2023. Meski hanya kalah 0-1, Vietnam tersingkir dari ajang level Asia tersebut.

Kekalahan kedua dan ketiga terjadi secara beruntun. Dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2024, Shin Tae-yong membungkam Vietnam 1-0 di Gelora Bung Karno dan 3-0 di My Dinh Stadium.

Kondisi inilah yang membuat Quan Thung, salah seorang pengamat sepak bola Vietnam menilai peluang untuk menjadi juara sangat kecil.

"Peluangnya masih terbagi antar tim, misalnya Thailand 40%, Indonesia 32%, dan Vietnam 28%. Kami tidak tampil bagus, dan lawan seperti Indonesia semakin bagus, tapi nbukan berarti kami tidak bisa melawan mereka," kata Quang Thung di media Vietnam, soha.vn, Selasa (22/5/2024).

Pengamat ini mengakui bahwa kualitas timnas Vietnam saat ini berada di bawah Thailand dan Indonesia. Dalam Piala Asia 2023 saja, Vietnam tercecer.

Saat itu Indonesia dan Thailand mampu lolos dari fase grup. Bahkan Thailand hingga menyentuh babak 8 besar.

Di ajang Piala Asia U-23 2024, Indonesia bahkan mampu tembus hingga babak semifinal, nyaris masuk Olimpiade Paris 2024.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun