Mohon tunggu...
agus siswanto
agus siswanto Mohon Tunggu... Guru - tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Guru Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Now or Never Buat Belgia

1 Desember 2022   17:34 Diperbarui: 1 Desember 2022   17:39 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Partai hidup dan mati bagi Belgia malam ini. (sumber: bola.net.com)

Medan perang besar siap tersaji malam nanti di grup F. Dalam grup ini, 3 negara punya peluang yang sama untuk melaju ke babak 16 besar Kroasia, Maroko, dan Belgia. Satu-satunya negara yang sudah pasti gagal adalah Kanada.

Laga paling krusial adalah laga antara Belgia melawan Kroasia. Kekalahan memalukan Belgia dari Maroko, membuat mereka dalam bahaya besar. Tiga angka yang mereka miliki menjadi satu hal yang tidak aman, apalshi yang harus dihadapi adalah negara yang juga mempertaruhkan nasibnya, Kroasia.

Secara klasemen, saat ini Kroasia paling nyaman, karena mereka berada di puncak klasemen. Namun nilai 4 yang mereka miliki, sangat rawan untuk digusur. Apalagi di urutan nomor 2, Maroko lebih beruntun nasibnya. Walaupun mereka baru mengemas nilai 3, lawan yang dihadapi "hanya" Kanada. Rasanya hanya keajaiban yang mampu menggagalkan peluang Maroko ke babak 16 besar.

Dengan melihat semua ini, Belgialah negara yang paling mengerikan nasibnya. Sebuah ironi yang luar biasa. Penghuni peringkat 2 FIFA harus berdarah-darah memperjuangksn nasibnya. Hanya satu pilihan buat mereka hanya kemenangan. Karena hasil draw saja tidak cukup untuk mengangkat nasib merrja, kecuali secara ajaib Maroko kalah dari Kanada.

Menghadapi situasi semacam ini, Belgia tidak dapat mengandalkan bantuan siapa pun. Meminta Kroasia mengalah, jelas tidak mungkin. Mengharap bantuan Kanada mengalahkan Maroko, lebih tidak mungkin lagi.

Tapi, bola itu bundar. Apa pun bisa terjadi. Apalagi skuad Belgia sangat dalam. Mska mental juaralah satu-satunya bekal berharga.

Lembah Tidar, 1 Desember 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun