Mohon tunggu...
agus hendrawan
agus hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Kependidikan

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Indahnya Memperhatikan Statistik Akun Kompasianaku

26 Januari 2024   17:42 Diperbarui: 26 Januari 2024   17:43 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar tangkapan layar statistik akun pribadi Kompasiana

Setiap memperhatikan statistik capaian di Kompasiana ada tantangan dan kepuasaan pribadi yang saya rasakan.

Sebagai penulis pemula saya sering merefleksi diri dari setiap perasaan yang muncul ketika menulis, sudah sesuaikah dengan kaidah-kaidah menulis yang baik.

Prof. Dr. Ngainun Naim dalam materinya di Kelas Belajar Menulis PGRI ke-30 yang baru selesai saya ikuti kemarin menyatakan bahwa menulis itu harus ikhlas.

Saya kembali merefleksi diri ketika saya senang memperhatikan statistik capaian dan merasa tertantang untuk mencapainya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Capaian mempublish 50 artikel: Ini adalah tantangan awal yang saya ingin capai, maka dengan tidak begitu memperhatikan kaidah-kaidah saya terus menulis.

Baru sadar ketika dari sekian tulisan ada satu masuk kriteria Pilihan, saya pun mencoba mencari tahu bagaimana tulisan saya menjadi artikel Pilihan?

Memburu tulisan Pilihan: Setelah 50 artikel terlewati maka saya pun mencoba mempelajari bagaimana caranya supaya artikel saya menjadi Pilihan. Tambah asik saja rasanya, ternyata dengan memperhatikan artikel Pilihan saya sebelumnya saya menjadi lebih sering mendapatkan artikel Pilihan bahkan tanpa saya sadari ada satu yang nyangkut sebagai tulisan Headline.

Dari sini saya pelajari juga tulisan saya yang masuk Headline, mengapa bisa masuk tulisan Headline?

Memburu tulisan Headline: Ini adalah tantangan selanjutnya dan sampai sekarang saya belum faham betul bagaimana caranya? Tapi yang jelas Headline adalah artikel-artikel yang dianggap istimewa oleh admin Kompasiana, ya sementara itulah kesimpulan yang saya ambil.

Selanjutnya saya kembali merenung, bijakah motif saya dalam menulis seperti saya ungkapkan di atas yang dikaitkan dengan perolehan statistik? Entahlah, tapi saya menilai ada beberapa poin yang saya dapat diantaranya:

  • Pencapaian Tujuan

Mencapai tujuan yang diukur secara statistik seringkali memberikan kepuasan karena mencerminkan usaha, ketekunan, dan keterampilan pribadi. Rasa pencapaian ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan motivasi untuk menetapkan tujuan selanjutnya.

  • Pengakuan dan Apresiasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun