Mohon tunggu...
Agus Ghulam Ahmad
Agus Ghulam Ahmad Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis lepas

Sarjana Studi Islam. Pengamat isu dan kajian keislaman.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Menemukan Perpustakaan Online Islami

20 September 2021   13:39 Diperbarui: 20 September 2021   14:33 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: shutterstock, olah teks pribadi

Saya sudah pakai kacamata sejak duduk di bangku kelas 8 SMP. Awalnya minus saya hanya 0.5, tapi tiap tahun terus bertambah hingga kini minus 6. Mungkin karena kebiasaan saya membaca sambil tiduran sejak di pesantren dulu.

Apalagi saat aliyah kelas dua, saya ditunjuk jadi kepala perpustakaan pondok. Saya jadi lebih banyak menghabiskan waktu di perpustakaan ketimbang di luar. Malahan saya juga sering tidur di sana ketimbang di kamar.

Saya baru gemar membaca di pondok, karena tidak ada hiburan lain kecuali buku. Para santri dilarang bawa hp, tidak ada tv di pondok, internet apalagi. Maka saya bersenang-senang lewat buku. Di perpustakaan pondok tersedia berbagai macam buku, meski kebanyakan buku-buku islami.

Mulai dari kitab-kitab karangan Ibnu Rusyd, Al-Ghazali, sampai Prof. Quraish Shihab saya temukan di sana. Setelah lulus, saya suka kangen dengan suasana perpustakaan pondok. Melihat santri-santri melepas penat sambil membaca buku kesukaan mereka.

Rumah saya jauh dari perpustakaan mana-mana, jadi saya sudah jarang ke perpustakaan. Sekarang pun agak sulit menemukan buku-buku Islam seperti yang dulu saya baca di pondok.

Biasanya, jika ingin membaca buku Islam, saya mengandalkan yang tersedia secara legal di internet. Tentu saya harus berputar-putar dulu untuk menemukan satu-dua buku. Dan itu agak melelahkan.

Lalu, suatu hari saya melihat iklan di instagram tentang aplikasi muslim yang menyediakan buku-buku Islam. Saya mencoba download aplikasi bernama KESAN itu. Saya awalnya tidak berharap terlalu banyak, dan hanya ingin mengintip berapa banyak koleksi buku yang ada di sana.

Namun, ternyata KESAN punya lebih dari yang saya butuhkan. Ada lebih dari 1000 buku Islami, baik berbahasa Arab maupun Indonesia. Saya senang sekali, karena sebelumnya saya kesulitan menemukan kitab-kitab kuning yang sering dikaji di pondok.

sumber pribadi
sumber pribadi

Koleksi buku itu juga sudah diurutkan berdasarkan genre masing-masing, mulai dari akhlak, akidah, fikih, sampai politik. KESAN sangat membantu keperluan saya, baik untuk riset maupun sekadar membaca. Harapan saya semoga koleksi buku di aplikasi ini makin bertambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun