Kemampuan penguasaaan teknologi dan informasi khususnya media pembelajaran pada para pendidik dalam penguasaan konsep media pembelajaran sangat diperlukan. Persoalan yang dihadapi para pendidik dari lulusan pendidikan biologi masih belum memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi,resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi canva.
Canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya (Pelangi et al., 2020).
Dalam dunia pendidikan diperlukannya aplikasi yang dapat menggambarkan dan memberikan visual atau audio untuk materi pelajaran yang abstrak seperti pada pembelajaran biologi, beberapa materi yang diangkat didalam bidang biologi adalah materi yang abstrak, membutuhkan ilustrasi dengan pemahaman yang kompleks agar penyampaian materi dari guru tersampaikan dengan benar kepada peserta didik.
Peningkatan kinerja pendidikan pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing dalam dunia global (Budiman, 2017).
Penggunaan media audio visual mampu menarik perhatian siswa dalam belajar dan dapat memberikan motivasi belajar dan kemudahan kepada siswa untuk memahami materi yang disampaikan guru, dengan cara guru menampilkan video motivasi dan video pembelajaran yang, serta melalui penyajian microsoftpowerpoint yang berkaitan dengan materi yang dibahas (Magdalena & Astikawati, 2018).Â
Canva adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan desain grafis. Penggunaan aplikasi Canva dapat meningkatkan kreativitas dalam membuat desain poster, presentasi, dan konten visual lainnya (Sholeh et al., 2020).Â
Upaya guru dalam mempermudah penyampaian informasi dalam pembelajaran perlu adanya media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Pembelajaran yang dikelola memperhatikan aspek perkembangan Ilmu pengetahuan teknologi (Adittia, 2017).
Pemanfaatan dalam penggunaan aplikasi Canva dapat memberikan media pembelajaran audio dan visual yang mampu mempermudah guru dalam memberikan penalaran kepada siswa terhadap materi biologi yang bersifat abstrak dan pemanfaatan aplikasi Canva ini juga dapat dijadikan sebuah solusi dari tugas yang diberikan oleh guru kepada siswanya.
Design tamplate yang disediakan canva sangat banyak dan representatif, baik berbentuk animasi, gambar nyata, coretan, gambar dari cat air dapat ditemukan pada canva, membuat siswa lebih kreatif, aktif dan bersemangat. Hal ini dapat membantu siswa lebih paham terhadap materi biologi lebih dalam dan mempermudah guru untuk menjalankan proses belajar mengajar pada materi biologi khususnya yang bersifat abstrak.
Sumber Pustaka: