Mohon tunggu...
Agus Puguh Santosa
Agus Puguh Santosa Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia

Menulis adalah jalan mengenal sesama dan semesta.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Hobi Mengoleksi Majalah Bobo hingga Aneka Buku Menarik

5 Mei 2021   23:57 Diperbarui: 6 Mei 2021   00:05 5092
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Majalah Bobo Bekas (Sumber foto: https://www.elevenia.co.id/)

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata "koleksi" bermakna  kumpulan (baik berupa gambar, benda bersejarah, lukisan, dan sebagainya) yang seringkali dikaitkan dengan minat atau hobi objek (ada obsesi untuk membuat lengkap).

Kata tersebut juga dapat bermakna sebagai  kumpulan yang berhubungan dengan studi penelitian. Makna lainnya adalah merupakan cara mengumpulkan gambar, benda bersejarah, lukisan, objek penelitian, dan sebagainya.

Sedangkan kata "hobi" dapat dimaknai kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, dan semua yang dilakukan untuk mencapai tujuannya bukanlah menjadi pekerjaan utama.

Berbicara mengenai hobi mengoleksi barang, maka melalui kesempatan ini saya ingin berbagi kisah tentangnya.

Sejak Kecil Suka Membaca

Barangkali hobi saya yang satu ini termasuk jarang dipilih oleh anak-anak seusianya. Dan hobi tersebut adalah "membaca". Sebenarnya hobi ini terinspirasi dari kebiasaan Ayah saya yang seringkali mendongengkan aneka cerita kepada saya dan adik-adik saya, utamanya adalah dongeng sebelum tidur.

Dongeng yang pernah dikisahkan oleh Ayah saya diantaranya adalah dongeng tentang si Kancil dan kisah Abunawas dengan Negeri 1001 Malamnya yang termasyur itu. Selain itu Ayah saya juga piawai untuk menceritakan aneka dongeng yang dicuplik dari aneka majalah anak-anak yang dibeli Ayah saat berkunjung ke Surabaya atau kota-kota lain yang dikunjunginya.

Di antara majalah anak-anak tersebut terdapat majalah Bobo dan Ananda, yang kala itu begitu saya sukai dan akhirnya menjadi barang koleksi yang berharga bagi saya pribadi.

Saat masih menjadi anak-anak usia sekolah dasar, saya belum hidup di zaman yang canggih seperti sekarang ini; di mana gawai menjadi salah satu barang koleksi anak-anak pada umumnya.

Bahkan karena begitu keranjingan dengan berbagai dongeng atau cerita anak-anak, saat saya sudah mulai mampu mengumpulkan sedikit demi sedikit uang jajan harian saya, maka akhirnya saya pun meneruskan hobi mengoleksi majalah anak-anak tersebut dengan cara membeli majalah anak-anak bekas yang bisa saya peroleh dari lapak penjual koran langganan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun