Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Menulis untuk belajar

Buku baru saya: KARMA YOGA | Novel baru saya: DEWA RUCI | Setiap tulisan yang saya posting akan saya edit seiring perkembangan dan perbaikan tulisan guna menambahkan hal yang kurang dari tulisan awal. 36 Buku yang sudah saya tulis dapat dilihat judul dan sinopsisnya di http://warungwebe.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Apakah Masjid Al-Safar Ada Hubungannya Dengan Illuminati dan Teori Konspirasi

2 Juni 2019   03:34 Diperbarui: 3 Juni 2019   19:18 0 22 4 Mohon Tunggu...
Apakah Masjid Al-Safar Ada Hubungannya Dengan Illuminati dan Teori Konspirasi
Masjid Al Safar yang berada di Rest Area KM 88 B Tol Purbaleunyi | Sumber: Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Awalnya beredar sebuah video yang menjelaskan Masjid Al-Safar, yang berada di rest area KM 88B Tol Cipularang. Video itu mengatakan bahwa Masjid Al-Safar penuh dengan nuansa segitiga simbol organisasi rahasia Illuminati. Dan sang perancang bangunannya, yaitu Ridwan Kamil, kemudian dituduh sebagai 'agen' Illuminati di Indonesia.

Video itu intinya mengatakan demikian: "Ini pintu masuknya, dan lihat ini segitiga semua. Nyaris segitiga semua. Bahkan ketika masuk ke dalam, ini segitiga, satu mata. Maka, ketika kita salat, sebetulnya kita menghadap siapa? Menghadap Allah atau segitiga satu mata?" (https://news.detik.com/berita/d-4572357/masjid-al-safar-karya-ridwan-kamil-dituduh-simbol-illuminati-apa-itu)

Di berbagai media, Ridwan Kamil sudah menjelaskan latar belakang rancang bangun Masjid tersebut, yang disebutnya sebagai teori lipat folding architecture

Saya tidak akan membahas lagi di tulisan ini tentang hal itu. Yang menarik bagi saya adalah masih banyak orang yang percaya dengan Illuminati yang mereka yakini masih ada sampai sekarang dan mengendalikan peristiwa-peristiwa besar di dunia, terutama yang berhubungan dengan politik. Tentu saja, sumber berita tentang illuminati dan teori konspirasi saya rangkum dari berbagai sumber dari internet.

Mengapa banyak orang begitu mendengar nama Illuminati langsung menghubungkan dengan Dajjal dan rangkaian kejahatan dunia? Dari mana hubungan antara Illuminati dan Dajjal ini berasal? 

Setidaknya bagi orang-orang seperti pengunggah video tentang Masjid Al-Safar tersebut, yang begitu melihat bangunan masjid, masuk ke dalamnya dan melihat ke arah kiblat yang berbentuk segitiga langsung mengatakan, "Ketika kita salat, sebetulnya kita menghadap siapa? Menghadap Allah atau segitiga satu mata?"

gambar: Twitter Alexa Zara V @vintenas
gambar: Twitter Alexa Zara V @vintenas
Apakah orang itu salah mempunyai persepsi demikian? Tentu saja tidak, karena memang hanya sampai di situ pengetahuannya tentang Illuminati. Yaitu sebatas bahwa lambang segitiga yang ada satu mata di tengahnya adalah Illuminati, dan ketika lambang-lambang itu banyak ditemukan, diyakini bahwa hari kiamat sudah dekat karena lambang-lambang itu merupakan simbol akan munculnya Dajjal.

Saya akan menuliskan tentang Illuminati dari sisi saya sebagai penulis, karena bila kita bicara tentang Illuminati maka tidak terpisahkan dengan teori konspirasi di dalamnya. Dan teori konspirasi ini yang sangat menarik, sedangkan nama Illuminati hanyalah objek yang dijadikan tokoh utama sepanjang zaman.

Baiklah, Illuminati itu sendiri dalam bahasa latinnya adalah Illuminatus yang artinya tercerahkan. Dan ada kelompok yang nyata dan fiktif. 

Nyata artinya memang dulu ada sebuah kelompok yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776, bernama Illuminati Bavaria. Pendirinya adalah Adam Weishaupt yang merupakan profesor hukum kanon di Universitas Ingolstadt. Kita harus paham bahwa kelompok ini berdiri pada zaman pencerahan sehingga kita paham latar belakang zaman itu.

Apa itu zaman pencerahan? Zaman pencerahan terjadi sekitar tahun 1687-1789M, adalah masa-masa yang produktif bagi sejarah budaya barat. Seperti ditemukannya bubuk mesiu, mesin cetak, dan kompas yang menjadi perubahan besar, serta memengaruhi dunia hingga saat ini,

Terdapat 4 ciri transformasi di zaman pencerahan:

  1. Early Capitalism/ Mercantilism
  2. Kemandirian/ Individualism
  3. Berperannya aspek-aspek rasional
  4. Pesatnya kemajuan teknologi

(https://id.wikipedia.org/wiki/Abad_Pencerahan)

Yang penting dalam hubungannya dengan lahirnya kelompok Illuminati adalah tanda-tanda ini pada zaman pencerahan tersebut: "Adalah suatu masa yang diketahui memiliki semangat revisi atas kepercayaan-kepercayaan tradisional, memisahkan pengaruh-pengaruh keagamaan dari pemerintahan. Bertolak dari pemikiran ini, masyarakat mulai menyadari pentingnya diskusi-diskusi dan pemikiran ilmiah. Ideologi Sekularisme menjadi dasar tonggak peradaban maju Eropa."

Artinya, kelompok seperti Illuminati Bavaria ini sebenarnya banyak karena adanya semangat revisi atas kepercayaan-kepercayaan tradisional, memisahkan pengaruh-pengaruh keagamaan dari pemerintahan dan ideologi sekularisme menjadi dasar tonggak peradaban maju Eropa. Namun kelompok lain yang kecil-kecil tidak ikut dibicarakan. Pada tahun 1787, kelompok Illuminati Bavaria ini dibubarkan.

Nah, yang menarik adalah, mengapa sampai sekarang masih ada yang menghidupkan nama Illuminati ini? Dan bahkan mengkaitkannya dengan Dajjal bermata satu? Kalau kelompok nyata Illuminati Bavaria sudah dibubarkan, maka artinya banyak sekali kelompok-kelompok fiktif yang diciptakan sehingga Illuminati dianggap masih nyata sampai saat ini.

Awalnya ada sebuah buku antara tahun 1797 dan 1798 karya Augustin Barruel yang berjudul Memoirs Illustrating the History of Jacobinism dan buku karya John Robison yang berjudul Proofs of a Conspiracy. Apa menariknya buku tersebut sehingga dicetak beberapa kali dan menginspirasi buku-buku sejenis di kemudian zaman hingga saat ini? 

Menariknya yaitu menceritakan bahwa Illuminati terus bertahan dan melaksanakan persekongkolan internasional yang masih berlangsung. Mereka mengklaim bahwa Illuminati merupakan dalang di balik Revolusi Prancis. 

Karya lain di masa modern yang menguatkan cerita Illuminati adalah sebuah karya fiksi ilmiah postmodern yang ceritanya menampilkan Illuminati sebagai penguasa dunia. Buku itu merupakan trilogi yang berjudul The Illuminatus karya Robert Shea, tahun 1983. Saya ulangi lagi jenis buku itu agar Anda mendapatkan poin penting, yaitu fiksi ilmiah postmodern (sejenis novel).

Apabila anda belum familiar dengan buku-buku di atas, maka mungkin Anda familiar dengan dua buku ini: Foucault's Pendulum karya Umberto Eco, serta Angels and Demons atau Da Vinci Code karya Dan Brown. Ya, tentu Anda tahu jenis buku Angels and Demons atau Da Vinci Code, yaitu fiksi ilmiah postmodern. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2