Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... Administrasi - write like nobody will rate you

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta alayya, wa alaa waalidayya; ... ya Allah, betapa banyak nikmat karunia-Mu dan betapa sedikit hamba mensyukurinya. | esdia81@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Kemenhan Bukan Properti Gerindra, Apa Kepentingan Prabowo Bikin Denwalsus?

10 April 2021   02:51 Diperbarui: 10 April 2021   03:15 833 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemenhan Bukan Properti Gerindra, Apa Kepentingan Prabowo Bikin Denwalsus?
Pasukan Denwalsus Kemenhan (tangkapan layar Ig @rizky_irmansyah/ suara.com)

Kemenhan membentuk detasemen kawal khusus yang disingkat denwalsus. Gunanya untuk melakukan pengawalan terhadap Menhan dan tamu VVIP. Mereka diseleksi langsung oleh Prabowo sebagai menhan dan dilatih di Pusdiklat Kopassus Batujajar agar memiliki kemampuan tertentu (detik.com, 9/4/2021).

Apa urgensi Prabowo membentuk denwalsus?

Selama ini menteri pertahanan memiliki protokoler biasa kementerian. Maksudnya tanpa dilengkapi denwalsus-denwalsusan. Jika menhan dianggap penting sebagai salah satu trium virat kementerian selain mendagri dan menlu, maka dua kementerian yang lain perlu juga denwalsus.

Terobosan Prabowo ini mudah-mudahan punya basis legalitas dan payung hukum. Jangan sekadar akal-akalan saja semacam show of force. Terkait denwalsus itu ajudan Prabowo Rizky Irmansyah mengunggah video di instagram bagaimana pasukan Denwalsus Kemenhan di-framing sebagai pendukung Prabowo dalam pencapresan.

Rizky Irmansyah, ajudan Prabowo:

"Mari kita sama-sama doakan Bapak Menteri Pertahanan, Pak Prabowo Subianto agar selalu sehat. Suatu saat akan menjadi pemimpin negeri ini. 

Mereka adalah Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibentuk oleh Menteri Pertahanan Pak Prabowo Subianto. Mereka dilatih, ditempa, dididik di Batu Jajar Pusdiklat Kopassus di Jawa Barat."

Sebagai ajudan mestinya Rizky Irmansyah hanya melakukan tugas berdasarkan perintah yang berhubungan dengan posisi Prabowo sebagai menteri. Tidak overacting dan tidak offside pula. Apakah job description ajudan menteri itu merangkap timses pilpres juga?

Prabowo bersama Rizky Irmansyah dalam satu kesempatan, April 2019 (okezone.com).
Prabowo bersama Rizky Irmansyah dalam satu kesempatan, April 2019 (okezone.com).
Seandainya denwalsus memang urgen, Prabowo harus dapat menjelaskan secara gamblang peran dan posisinya, juga anggaran.

Terkait peran dan posisi, Prabowo harus menjelaskan tidak hanya kepada Presiden dan DPR tetapi juga kepada publik apa dan bagaimana denwalsus. Kemudian posisinya dalam struktur TNI seperti apa, lalu bagaimana hubungannya dengan Paspampres yang notabene memiliki peran yang serupa untuk posisi presiden.

Soal anggaran Prabowo juga perlu transparan apakah denwalsus ini dibiayai pribadi atau menggunakan anggaran Kemenhan. Jika atas biaya pribadi maka Prabowo telah melakukan campur aduk antara urusan pribadi dengan jabatan. Sementara jika pembiayaan menggunakan anggaran Kemenhan maka Prabowo juga harus menyebutkan pos anggaran  yang mana.

Rizky Irmansyah tidak menjelaskan bagaimana soal anggaran ini ketika menjawab pertanyaan netizen. Ajudan menteri ini balik bertanya kepada penanya.

Untuk mengungkapkan secara terbuka tentang denwalsus ini sebaiknya Prabowolah yang menjelaskannya. Atau sekurang-kurangnya oleh jubir resmi melalui konpers media. Rasanya kurang pas jika urusan resmi pemerintahan berubah menjadi hanya sekadar bahan status medsos ajudan. Turun derajat.

Terkait mimpi Gerindra untuk mengantarkan Prabowo jadi presiden juga bukan persoalan. Tetapi hal itu mestinya dilakukan lewat koridor normal dan wajar. Toh Prabowo sudah berpengalaman banyak dalam urusan pilpres. Cara-cara yang seperti dilakukan oleh ajudannya adalah salah satu bentuk komunikasi politik blunder.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN