Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... write like nobody will rate you

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta alayya, wa alaa waalidayya; ... ya Allah, betapa banyak nikmat karunia-Mu dan betapa sedikit hamba mensyukurinya. | esdia81@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Benarkah Klaim Penamaan Laut Natuna Utara atas Inisiasi Rizal Ramli?

7 Agustus 2020   05:01 Diperbarui: 7 Agustus 2020   07:34 3777 29 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Klaim Penamaan Laut Natuna Utara atas Inisiasi Rizal Ramli?
Tangkapan layar cuitan@AdhieMassardi tentang alasan Rizal Ramli disingkirkan Jokowi, 05/ 08/ 2020 (twitter.com).

Presiden Jokowi mengeluhkan kinerja menterinya yang tak kunjung membaik secara signifikan. Namun demikian hingga saat ini formasi kabinet masih utuh begitu-begitu saja. Belum ada reshuffle.

Berbicara soal reshuffle pada era Jokowi, Rizal Ramli adalah sosok yang pernah merasakan pahit getirnya dari keputusan yang menjadi hak prerogatif presiden itu. RR diangkat menjadi Menko Kemaritiman dalam waktu yang relatif singkat, hanya sebelas bulan. Mantan aktivis yang dikenal sebagai rajawali ngepret ini masuk kabinet Jokowi 12 Agustus 2015 dan selesai pada peringatan  kudatuli, 27 Juli 2016.

Berkaitan dengan nasib RR sendiri yang diberhentikan di tengah jalan, banyak versi mengulas sebab musababnya. Versi terpopuler adalah karena RR kerap bikin gaduh sehingga kinerja kabinet terganggu. Jokowi pusing dengan ulah RR yang kerap mengganggu teman sekelasnya itu.

Berbeda dengan versi tadi, Adhie M Massardi punya penjelasan sendiri perihal alasan mengapa kang kepret harus out dari istana.

Pemaparan Adhie yang disampaikan kepada redaksi katta.id kemudian menjadi tulisan dengan judul yang cukup meyakinkan bagi kubu oposisi: 

"Terbongkar! Alasan Rizal Ramli Disingkirkan Jokowi dari Kabinet".

Artikel tersebut lantas dicuit @AdhieMassardi  dan dicuit-ulang, antara lain, oleh M Said Didu dan Rizal Ramli sendiri. Waktunya serentak pada hari yang sama dengan rilis artikel, 5 Agustus 2020.

Untuk kita ketahui, Adhie M Massardi adalah mantan jubir Presiden Gus Dur yang saat ini menjadi koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) sekaligus simpatisan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang tempo hari dideklarasikan. Tokoh KAMI antara lain Din Syamsuddin, Rocky Gerung, M Said Didu, Abdullah Hehamahua, dan Refly Harun.

Alasan RR didepak

RR didepak Jokowi bukan karena soal kinerja, kata Adhie.

Menurut penjelasan sebanyak 385 dari 879 (44 persen) kata dalam artikel tadi, RR harus diberhentikan gara-gara Tiongkok tidak suka. Pokok masalah ketidaksukaan Tiongkok --sampai  harus "mengintervensi" kabinet Jokowi-- adalah karena RR menginisiasi pergantian nama Laut Cina Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Hal itulah yang membuat Beijing murka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN